oleh

Divkum Warta Sidik Diketuai Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH menghadiri pemanggilan BAP Kasus dugaan pelecehan dan penghinaan terhadap salah satu wartawati

CAKRABHAYANGKARANEWS.COM, KOTA BEKASI, JAWA BARATDivisi Hukum Warta Sidik yang diketuai, Dr. Dwi Seno Wijanarko, SH., MH, Dr. Gatot Efrianto, SH., MH, H. Endang Saman, SH, Wahyu Nugraha, SH, Koko Nugroho, SH, Galih Munandar, SH., MH, Hafisullah Amin Nasution, SH, Hendri Handa Sagita, SH menghadiri pemanggilan BAP Kasus dugaan pelecehan dan penghinaan terhadap salah satu wartawati media cetak dan on line Warta Sidik saudari Rentina yang secara resmi pimpinan redaksi pada hari Senin (29/6/2020), Menunjuk Divisi Hukum/pengacaranya untuk melaporkan kasus penghinaan wartawatinya ke Mapolres kota bekasi.

Dalam hal ini BAP dari wartawati dan saksi di dengarkan kesaksiannya oleh penyidik Aipda ARIF GUNAWAN T.Y SH menetapkan Pasal 156 KUHP dari pasal pokok 315 KUHP saat pertama buat LP dan ditambahkan dengan Uu pers No 40 thn 99 Pasal 18
(1)Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) (2) Perusahaan pers yang melanggar ketentuan Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2), serta Pasal 13 dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah.

Pimred Warta Sidik merasa perlu untuk meneruskan kasus pelecehan profesi yang dilakukan oleh Oknum ASN pemkot kota bekasi pada wartawatinya agar tidak ada lagi para ASN dimana saja melecehkan profesi jurnalis/ wartawan.

Hari ini laporannya secara resmi telah direspon baik walau sempat miss, akhirnya pada hari ini Senin, 20/07/2020 dipanggil untuk proses BAP langsung diarahkan menemui penyidik Aipda ARIF GUNAWAN T.Y SH untuk dimintai keterangan saudari Rentina juga para saksi saksi dan didampingi oleh Divisi Hukum/ pengacara 9 orang yang diketuai Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH, Hendri Handa Sagita, SH, Galih Munandar, SH., MH, saya percaya penyidik polres kota bekasi akan bekerja secara serius dan cepat dalam menangani laporan saya” ujar Pimred Warta Sidik sembari menujukan surat pengaduan dari Polres Kota Bekasi.

Dalam aduannya yang bernomer Nomor: LP / 1463 / K /VI / 2020 / SPKT / Resto Bekasi Kota.Pimred Warta Sidik mengungkapkan, bahwa tindakan yang dilakukan Oknum ASN telah melanggar Pasal 156 KUHP dari pasal pokok 315 KUHP saat pertama buat LP dan ditambahkan dengan UU PERS No 40 thn 99 Pasal 18.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh kliennya, Dr. Dwi Seno Wijanarko SH, MH selaku kuasa hokum menyatakan bahwa laporan dugaan pelecehan dan penghinaan tersebut ditempuh untuk pembelajaran masyarakat dan terapi efek jera agar tidak lagi terulang hal yang sama.

“Ini sebagai pembelajaran dan agar di ingat-ingat kata pepatah yang berbunyi Mulutmu Harimaumu” ujar Dwi Seno..

Untuk di ketahui, pelaporan atas Oknum ASN merupakan tindak lanjut dari apa yang di terima Pimred Warta Sidik dari wartawannya menemui Oknum ASN sempat melontarkan kata-kata tidak baik dan menantang berkelahi sambil buka baju, saat dikonfirmasi dengan temuannya dilapangan terkait beberapa anggaran yang pada saat itu si Oknum menjabat.

Saya berharap agar kepolisan benar benar memperhatikan dan menindak lanjuti dan memberikan perhatian penuh terhadap apa yang sudah dilaporkan”.due proses of law. Agar di tegakkan..

Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke. S.Pd, M.Sc, MA, Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 
mendesak pihak aparat hukum agar kasus ini segera diproses sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Jika polisi tidak menangani secara serius masalah tersebut, ini sama artinya aparat melanggengkan perbuatan tercela menjadi budaya di kalangan aparat dan birokrat. Kalian dibayar rakyat untuk menjadi pelayannya rakyat, bukan untuk memperlakukan rakyat dengan semena-mena. imbuh Wilson yang dikenal sangat gencar mengkritik para pihak yang mengganggu dan menghalangi pekerja jurnalistik dalam melaksanakan tugasnya. (Team)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed