oleh

Cegah Radikalisme, Dandim 0506 Tangerang Ajak para Babinsa Cermati Lingkungan Sekitar

KOTA TANGERANG – Danrem 052 Wijayakrama (WKR), Brigjen TNI Tri Budi Utomo melalui Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Bambang Hery Tugiono menegaskan, pembekalan seputar pencegahan radikalisme dipandang perlu untuk dilaksanakan pihaknya.

Bambang menilai, hal tersebut memiliki arti penting guna memperluas pengetahuan dan wawasan sekaligus untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini dalam massa adaptasi kebiasaan baru khususnya di wilayah teritorial Korem 052 Wijayakrama.

Menurut alumnus AKABRI 95 tersebut, akhir-akhir ini marak aktifitas dari kelompok radikalis, baik radikal kanan radikal kiri maupun radikal lain dengan memanfaatkan media sosial melalui isu-isu krusial seperti  khilafah, anti komunis dan sebagainya, untuk mengiring opini publik kearah intoleransi dan fanatisme.

“Konflik horizontal masyarakat kota metropolitan juga diwarnai aksi kriminalitas kelompok tertentu yang berujung kericuhan,” papar Kolonel Inf Bambang Hery Tugiono.

“Aksi kasus terorisme juga terjadi mempengaruhi tahapan putusan hukuman oleh majelis hakim,” tambah Bambang dalam kegiatan pembekalan pencegahan radikalisme bersama ratusan Babinsa di Aula Makodim, Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang, Kamis (30/7/2020).

Pemegang tongkat komando Kodim 0506 Tangerang itu menilai, hal-hal tersebut (radikalisme-red) berpotensi dapat melahirkan sel-sel baru teroris serta menggangu jalannya demokrasi tahapan pilkada yang tengah berjalan diwilayah Depok dan Tangerang Selatan.
Mencermati situasi dan perkembangan tersebut, kata Bambang, maka prajurit Kodam Jaya hendaknya dapat senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, lanjut Bambang, lakukan validasi dan keabsahan berita-berita sensitif terutama yang menyangkut masalah agama.

Berkenaan (dengan) hal ini, sambung Bambang, manfaatkanlah media sosial secara bijak (karena) salah satu sumber pengetahuan dan jangan sampai larut dalam fanatisme sempit dengan ikut mengkomentari, meretweet atau memposting sesuatu yang dapat memancing maupun menambahan keresahan masyarakat.

Diakhir pemaparanya, perwira menengah TNI dari matra darat itu berpesan ke jajaranya agar memahami dan mencermati dengan benar setiap perkembangan lingkungan yang terjadi di sekitar.

Seiring perkembangan yang bergerak kian dinamis, sambung Bambang, pertahankan kematangan moral dan mental agar tetap dapat relevan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai katalisator keamanan dimasyarakat.

“Mengigat pentingnya kegiatan ini, saya tekankan agar seluruh peserta dapat melaksanakannya dengan sungguh-sungguh didasari dedikasi dan tanggung jawab,” tandas Bambang dalam kegiatan yang juga turut dihadiri oleh Kolonel Inf Agus Sasmita (Paban V Inteltek Sintelad).

Hadir juga di lokasi kegiatan, Mayor Kav Sutarto (Pasi Intel Korem 052 WKR), Kapten Inf Jeffriansen Sipayung (Dantim Intelrem 052 WKR), Kapten Inf Jahrul Fahmi (Sintelad), Kapten Kav Arif Budiman (Pasi Intel Kodim 0506 Tangerang) dan para Babinsa se wilayah teritorial Korem 052 Wijayakrama. (Guh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed