oleh

Waspada Ancaman Klaster Perkantoran, Tim Gugus Tugas Pemprov Babel : Kewenangan Ada di Gugus Tugas Pemkot 

Pangkalpinang — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, sebenarnya sampai saat ini kluster penyumbang kasus terbanyak masih diduduki kluster rumah sakit.

“Namun jumlah klaster perkantoran makin lama, makin meningkat,” ungkapnya menjawab pertanyaan media seperti dilansir situs Covid-19, Kamis 17/9/2020.

Ia meminta para pimpinan kantor dapat melindungi diri, saudara, kerabat, sejawat dan rekan-rekan kerjanya agar tidak terjadi korban lagi. 

“Semua ini tergantung pada kita semuanya dalam merubah perilaku dalam menjalankan protokol Kesehatan,” ujarnya.

Bagaimana dengan Provinsi Babel? Redaksi pada kesempatan ini mewawancarai Plt Sekretaris Tim Gugus Tugas Pemprov Babel, Aswin via pesan instan whatsapp. Dimana dalam pesan tertulisnya, Ia menyatakan bahwa kewenangan pengosongan gedung serta penyemprotan disinfektan sesungguhnya ada dalam wewenang Tim Gugus Tugas Pemkot Pangkalpinang.  

“Terkait pengosongan gedung atau tindakan lainnya, tergantung Gugus Tugas Kota Pangkalpinang. Kewenangan (ada) di Gugus Tugas Kota Pangkalpinang, kecuali gedung milik Pemprov baru ke kami,” tulis Aswin Kamis malam. 

Dalam informasi lainnya yang bisa disampaikan olehnya, Aswin sebut untuk biaya Rapid Test sesuai keputusan Menteri Kesehatan, harga maksimal layanan rapid test sebesar 120 ribu rupiah. 

“Kalau untuk SWAB Test belum ada pengaturannya, sepengetahuan saya rata-rata 1,8 juta sampai 2,2 jt. Untuk update data jumlah rapid test, saya tidak punya datanya (update data saya terakhir di 17 juli yang lalu, setelah itu belum di-update data ini lagi),” tukasnya.

Sekedar tambahan info, berdasarkan keterangan sumber media yang berkeberatan namanya disebut dalam pemberitaan, Ia membenarkan bahwa ada satu pasien terkonfirmasi positif Covid 19 yang berasal dari salah satu gedung Kawasan Perkantoran Pemkot Pangkalpinang. 

“Benar (positif terkonfirmasi -red), untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi Tim Gustu Pemkot Pangkalpinang,” kata sumber pada Rabu malam (17/09) kemarin. 

Senada dengan sumber, Plt Sekretaris Tim Gugus Tugas Pemprov Babel, Aswin turut mengamini kabar yang dikonfirmasi wartawan pada pihaknya. 

“Tapi (benar) ada ASN pemkot yang hari ini terpapar covid,” kata Plt Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Babel, Aswin sewaktu dikonfirmasi Rabu malam.  

Meski begitu, wartawan kesulitan mendapatkan konfirmasi dari beberapa pejabat publik yang dihubungi. Dan mengingat dalam situasi ini perlu sumber resmi dan mesti sesuai dengan domain pemberitaan, media berulangkali melakukan upaya coverboth stories, namun belum direspon. (LH). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed