oleh

Syafruddin Sektetaris HNSI Kotabaru Kalimantan Selatan NARA SUMBER pada Musran Kec.klumpang Hilir

KOTABARU.KALIMANTAN SELATAN, CAKRABAYANGKARANEWS.ComKelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan kali ini adalah tuan rumah sebagai Pelaksana MUAYAWARAH HNSI Ranting Kecamatan.

Panitia pelaksana Hari Rabu, 16-09-2020, samapaikan laporan ttg.Musawarah Ranting.HNSI Kec.Kelumpang Hilir.
Peserta terdiri dari utusan 9 desa dlm.KecamatanKelumpang Hilir, Undangan sebagai sebagai peserta adalah, Tokoh Nelayan, Pengusaha Perikanan, Utusan Perikanan Darat Budi daya Tambak, Perikanan Tangkap Budidaya prikanan laut, Budidaya Keramba Jaring apung, Utusan Pengolah hasiln Prikanan dan peserta kelompok pacing ikan laut.

Musran dihadiri oleh Dewan Pimpinan Cabang HNSI Kabupaten Korabaru Ketua DPC- HNSI H.Iberahim, Ketua harian Aidil Syarifuddin, Sekretaris DPC- HNSI Syafruddin, wakil Bendahara- Hj.Noor bayah, dan 2 orang wakil Sekretaris, Bahrul Ilmi dan Rizki Saputra.

Dewan Penasehat dan Pembina HNSI Ranting Kecamatan, dihadiri oleh Ketuanya, Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin, Spd.MM. anggota Dewan Penasehat/ Pembina – Kapten Junaedi R. Danramil 1004- 10 diwakili oleh Karido Sukoco, PPL Perikanan dan PPL Pertanian dalam Kec.Kelumpang Hilir.

Syafruddin (Sekretaris) DPC HNSI Kab.Kotabarua, sebagai Nara Sumber, Materi disampai tentang ke organisasian HNSI, Teknis dan strategi pengembangan.Program jangka Pendek dan Tehnis Pembentukan Pengurus HNSI Ranting Kecamatan.

Secara Global disampaikannya, Visi dan Misi HNSI,ayat 1 AD&ART HNSI Visi HNSI adalah, Bertujuan utk.mewujudkan masyarakat Nelayan tang sehat, berpendidikanvdannsejahtra lahir dan bathin dalam wadah Negara Kesatuan RI yang berlandaskan Panca Sila dan UUD 1945.

ayat 2, Misi, adalah untuk meningkatkan pendapatan, tarap hidup dan Kesejahtraan Nelayan Indonesia pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Tentang Ke organisasian HNSI, Struktur Kepengurusan HNSI dari Pusat melambaga sampai ketingkat Desa dan kelurahan dan bahkan sampai ktingkat RT/ RW diseluruh Indonesia, disebut Kelompok Nelayan sebagai Anggota Rukun Nelayan.

Lanjut Syafruddin, Kepengurusan di Pusat itu disebut Dewan Pipinan Pusat (DPP), adalah kepengurusan ditingkat Nasional, Dewan pimpinan Daerah utk tingkat Provinsi, Dewan Pimpinan Cabang utk ditingkat Kabupaten/ Kota, Pimpinan Ranting di tingkat Kecamatan, Rukun Nelayan untuk ditingkat Desa/ Kelurahan.

Ditingkat RT/RW adalah Kelompok atau anggota Rukun Nelayan. Struktur dari tingkat Pusat sampai ke tingkat Desa/ Kelurahan semuanya diatur dalam anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga HNSI pasal 15 ayat 1 S/d ayat 5 , ” Jelas Syafruddin.

Sekretaris HNSI ini melanjutkan, berkaitan dengan Keanggotaan, HNSI mempuyai anggota, atau masyarakat yang bisa dikatakan dapat menjadi anggota HNSI adalah, (a).Penangkap ikan, yaitu Nelayan Perikanan Tangkap ikan dilaut.

(b).Pembudidaya ikan, adalah Nelayan Perikanan Darat pembudidaya Tambak, baik Tambak ikan Air Tawar, atau tambak ikan air payau.

(c).Pengusaha ikan, ini seperti Masyarakat jual beli ikan dengan Status Pemgumpul ikan dari Nelayan.

(d).Pemilik kapal Perikanan, termasuk ABK nya. dan

(d).Pengolah hasil Prikanan, ini disebut Kelompok Pengolah dan Pemasaran (Poklahsar),Yang diolah adalah hasil panen ikan Produksi, baik hasil dari Perikanan Darat atau ikan hasil Prikanan Tangka ikan laut.

Anggota yang disebutkan diatas ini telah diatur oleh Anggaran Rumah Tangga pasal 1 ayat hurup a, b, c, d, dan huruf e.

Berkaitan dengan Fungsi, ayat (1). HNSI berfungsi menghimpun dan menggerakan segenap potensi masyarakat Nelayan Indonesia utk menjadi pelaksana Pembangunan Nasional, Khususnya dibidang Kelautan dan Perikanan.

Ayat (3). Fungsi dan Peranan HNSI sebagai organisasi Profesi adalah mengembangkansikap mental dan pola berpikir serta meningkatkan pengetahuan dan Keterampilan Nelayan dan masyarakat pesisir dalam melaksakanakan pembangunan kelautan dan perikanan menuju tercapainya peningkatan pendapatan, tarap hidup dan kesejahteraannya.

Syafruddin mengakhiri, kepada Pimpinan Ranting dan Pengurus lain yang terpilih melalui rapat Formatur dengan masa Bhakti tahun 2020- 2025, Musyawarah Ranting sdh selesai dilaksanakan, namun Pimpinan dan pengurus ranting lainnya masih ada lagi tugas yag sangat penting yang diatur olh AD HNSI pasal 57 ayat 2 hurup (a) yaitu menetapkan program kerja Ranting, buatlah program yang mudah untuk dilaksanakan.

Terkait apa disampaikan oleh bapa Camat Kelumpabg Hilir ( Johanuddin) tadi, bulan depan tepatnya bulan oktober- Nopember tahun 2020nini, sudah waktunya pelaksanaan Musrenbang, bersiaplah kalian buat Proposal, apa yang mau dimintakan bantuan kepada pemerintah dimasing masing unit Usaha yang sudah ada.

Buatlah tujuan proposal itu, Kepada Kepala Dinas Prikanan Kotabaru, Kepada DPRD Kotabaru ada bisa juga ditujukan kepada Bupati Kotabaru, Tembuskan tujuan proposal diantaranya, Pimpinan Ranting HNSI Kecamatan dan Dewan Pimpinan Cabang HNSI Kabupaten Kotabaru.

Berkordinasi dan berkonsoltasilah kalian dengan PPL Prikanan yang ada di wilayah Kecamatan ini, untuk tehnis kelengkapan Administrasi, kelengkapan Proposal, jangan segan kalian berkonsoltasi dgn PPL, karena PPL adalah mitra HNSI, Mitra di bidang Admistrasi.

Mendekatlah kaliam dengan pa Camat, karena pa camat adalah Penasehat dan Pembina kita .

DPC HNSI selalu memperhatikan dan mengawal Proposal yangbkalian bikin, ” tutup Sekretaris HNSI Kotabaru. ( Syaruddin ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed