oleh

Danramil.1004-10, Klumpang, Kapten Junaedi, R. Jadi Nara Sumber Musran HNSI

Kotabaru, Kalimantan Selatan, Cakrabhayangkaranews.comDewan Pimpinan Cabang HNSI melaksakan Musyawarah Ranting Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( Muaran- HNSI ), rabu, 16-09-2020. dengan memberikan mandat kepada masyarakat Nelayan Kelumpang Hilir, bertempat di Aula Kantor Camat Kelumpang Hilir.

Danramil 1004-10 Kecamatan kelumpang Hilir, Kapten Junaedi R. Sebagai Nara Sumber degan Materi Program TNI- AD terkait dengan organisasi HNSI.

Materi disampaikan oleh Krido Sakoco anggota TNI- AD.

Program TNI angkatan Darat ada beberapa dinas terkait yang bersinergi dengan TNI – AD. diantaranya, Dinas Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Prumahan dan pemukukiman.

Lanjut Sukoco, pekebunan dan pertanian diprogramkan bersama masyarakat dalam kabupaten kotabaru, sepertinya Pencetakan lahan Pertanian, buat penanaman padi. Perkebunan pembersihan lahan darat lahan kering, untuk perkebunan Jagung dan Kedelai, Perikanan dengan pencetakan tambak bekerjasama dengan masyarakat.

Prumahan dan Pemukiman, melakukan bedah rumah terhadap rumah masyarakat yang tidak layak dihuni.

Program yang sudah dilaksanakan oleh
TNI-AD, semuanya untuk kesejahtraan masyarakat.

Krido melanjutkan dengan HNSI, Khususnya HNSI Ranting Kecamatan Kelumpang Hilir , dan Umumnya HNSI Kabupaten Kotabaru, Program TNI -AD sangat erat sekali hubungannya dengan Program HNSI di bidang Perikanan dan Pencetakan lahan Pertambakan Budidaya prikanan darat.

Sebegai status kami, TNI-AD dalam organisasi HNSI sebagai anggota Penasehat dan Pembina HNSI, Kami merasa berkawajiban ikut serta bertanggung jawab utk mencapai Kesuksesan dan kesejahteraan masyarakat Nelayan dibawah naungan HNSI, ” Ucap anggota TNI -AD .

krido Sukoco, melanjutkan lagi, HNSI adalah organisasi Profesi, Organisasi independen, dan sebuah organisasi yang diakui oleh Pemerintah Keberadaannya di Negara RI ini, HNSI adalah sebuah organisasi wadah untuk berhimpunnya para nelayan.

Melalui HNSI ini lah para Nelayan tempatnya untuk menyalurkan keinginan atau kebutuhan nelayan, misalnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah, apakah bantuan itu berupa barang atau berbentuk uang.

HNSI ini lah tempatnya untuk mendapatkan bantuan, HNSI adalah wadah organisasi Penyaluran aspirasi para Nelaya, disinilah tempatnya kita bertukar informasi atau pendapat berkaitan dengan Nelayan, agar para nelayan tdk salah arah dan tidak salah langkah untuk mencapai sukses.

kita sangat bangga atas ke hadiran HNSI di didaerah Kecamatan ini.

Dengan adanya HNSI para Nelayan tidak perlu repot lagi mengajukan proposal permohon bantuan, baik itu berupa uang yang bersumber dari APBD atau dari APBN.

Para anggota Nelayan tidak perlu lagi mundar mandir kekotabaru mengurusi proposal karena sudah ada tingkatan jalur urusan bantuan.

HNSI ada beberapa pengurus di tingkat yg paling bawah RT/ RW, ini dinamakan Kelompok, Di desa/ kelurahan ada Rukun Nalayan, di Kecamatan ada Pimpinan Ranting HNSI dan di Kabupaten Kotabaru ada Dewan Pimpinan Cabang HNSI (DPC- HNSI ).

Semuanya ini tadi telah dijelaskan oleh Sekretaris HNSI Kab.Korabaru, Syafruddin, ” Jelas sukoco.

Anggota TNI – AD sebagai Penasehat/ Pembina HNSI Kecamatan Kelumpang Hilir, melajutkan lagi, sebenarnya menurut sejarah HNSI ini sudah lama berdiri di Negara RI ini, tepatnya sejak tgl.21 mei tahun1973.ini sebagai peroses perkembangan sejarah pergerakan kaum nelayan Indonesia, dan ditandai dengan adanya penyatuan seluruh Organisasi masa ( ormas ) Nelayan hasil Konsensos nasional, dengan maksud untuk penataan kembali ormas di Indonesia.

Akhirnya Nelayan menjadi pilar Negara. Indonesia sebagai Negara Agraris dengan arial pertanian sangat luas sekali, maka pertanian menjadi pilar Negara juga.

Untuk menjadikan Bangsa dan Negara menjadi kuat, sejahtera dan berwibawa, maka kedua pilar ini harus kuat dan sejahtera.

Keberadaan kedua pilar ini lah menjadi dasar Presiden Soharto secara bersamaan mendirikan dan meresmikan kedua organisasi masa, Profesi, Fungsional dan independen yang besar, dan diakui oleh Pemerinyah Keberadaannya yaitu, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia.( HKTI ), kedaua organisasi ini tidak bisa dipisahkan, karena kedua ormas ini adalah wadah perjuangan dan wadah utk.memperjuangkan para Kaum Nelayan dan kaum tani dalam rangka mewujudkan meningkatkan pendapatan, tarap hidup dan kesejahteraan kaum Nelayan dan kaum petani,” paparan anggota TNI – AD.

Meng akhiri, Sukoco, mengajak para Pengurus HNSI yang di lantik atau dikukuhkan, mari kita jalankan tugas organisasi HNSI ini dengan baik, kita samakan langkah utk mencapai ke suksesan Program HNSI, Kami sebagai Pembina siap pembina kalian dalam mencapai kebaikan, ” tutup Krido Sukoco. ( SYAFRUDDIN ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed