oleh

Proyek Kementerian PUPR Jalan Beton Yang Dikerjakan PT. Eratama Putra Prakarsa Mulai Dikerjakan

Labuhanbatu — Sumatera Utara, Cakrabhayangkaranews .comProyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga Preservasi Jalan Jembatan batas Kota Rantauprapat Aek Nabara pekerjaan jalan beton mulai dikerjakan Selasa (21/9/2020).

Dipapan informasi terpanggang Nomor Kontrak : HK.02.01/Bb2.WIL.1.S.1.2/02/2020 Batas Kota Rantauprapat-Aek Nabara biaya Rp 5.634.394.356,- waktu pelaksanaan 242 hari yang dikerjakan Kontraktor PT. Eratama Putra Prakarsa, Konsultan PT. Arteri Cipta Rencana.

Menurut pekerja dilapangan proyek jalan beton ini dimulai pada hari Minggu 20 September 2020. “Hari Minggu kami kerjakan pemasangan mal barulah hari Senin dimulai pengecoran ,” ujar mereka.

Sementara Konsultan dari PT. Arteri Cipta Rencana Alfonso Sihotang mengatakan bahwa pekerjaan jalan beton tersebut sepanjang 1 KM harus dikerjakan secara bergantian dan jalan dibagi dua setengah dulu dikerjakan dan setengahnya lagi bisa dilalui kenderaan.

“Target siap proyek pengecoran jalan beton ini setengah adalah 10 hari.Sedangkan sebelah lagi tunggu dulu yang baru dicor mengering dan mengeras selama 28 hari baru bisa dilewati kenderaan, kalau sebelum 28 hari jalan beton terus langsung dilalui kenderaan bisa hancur jalan betonnya, “ungkapnya.

Menurut Sihotang bahwa setelah siap dicor jalan beton setengah dikerjakan, baru dibuka jalan yang setengahnya lagi untuk dikerjakan. Sementara jalan yang sudah dibeton yang sudah kering dan mengeras sudah bisa dilewati kenderaan umum.

“Setelah sudah siap dicor beton dan sudah dihaluskan permukaan cor diratakan dengan sendok Semen atau diplaster. Nanti ini digaruk membuat anti licinnya baru kemudian disemprot dengan cairan supaya keringnya merata ,”sebutnya.

“Semennya pun beda ini untuk jalan beton,
kekentalannyapun diukur kalau tidak dapat kekentalannya mobil pengangkut beton kita suruh pulang, pengawasan kita sangat ketat ” tegas Sihotang.

Fungsi hamparan plastik ini supaya jangan lengket besi dengan semen. Untuk mal cetakan coran minimal 8 jam baru bisa dibuka cetakannya baru dilanjutkan lagi kepekerjaan baru.

“Cor jalan beton dikerjakan 5 meter persekmennya yang sebelumnya dibawahnya sudah diletakkan besi dowel fungsinya adalah komponen yang digunakan sebagai penyambung atau pengikat pada beberapa jenis sambungan pelat beton perkerasan jalan. Jadi fungsinya transfer beban,”kata Sihotang.

Kepada Cakra Bayangkara Sabam Hasugian selaku pengawas dari Kementerian PUPR BBPJN Wilayah I Sumatera Utara melalui telepon mengatakan bahwa dia mengontrol pekerjaan reservasi tersebut mulai dari sejak awal pekerjaan.

“Lebar dari pekerjaan jalan beton itu 3,5 meter dan joinya 3,5 secara bergantian di cor beton .Beban jelas tinggi dengan ketebalan cor beton 300 mm,.Dowel standar SNI karena jalan tersebut adalah kelas A,’jelas Hasugian.

Selesai di ratakan permukaan cor beton baru disemprot dengan cairan Calbond supaya proses jangan cepat mengering dan pengeringannya menjadi merata.Selain itu cor jalan beton yang sudah mengering celah persekmennya di tuang aspal panas.

Pantauan dilapangan pekerjaan proyek jalan beton ini titik pekerjaannya dari arah Medan dimulai dari sebelum SPBU jalan baru dan rencananya akan dilanjutkan kejalan beton yang lama di Kayu Raja.

Salah satu pengguna jalan Maruli Aritonang warga Kayu Raja ketika diminta tanggapannya terkait proyek jalan beton ini mengatakan sangat senang dilakukannya perbaikan jalan tersebut dari jalan aspal dirubah menjadi jalan beton.

“Menurut saya pekerjaan proyek jalan beton ini bang, sangat efektif karena kita lihat lebih kuat dan tahan lama dari pada jalan aspal yang biasanya jalan keriting dan bergelombang bergelombang ditambah lagi jalan yang berlubang lubang membuat kita sangat susah untuk bekendaraan, “tegas Maruli.

(Porden Naibaho,SH).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed