oleh

Ketua DPC HNSI Kotabaru berikan Pengarahan dan Bimbingan pada Musyawarah Pembentukan Pengurus Rukun Nelayan HNSI di Tirawan.

KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN, CAKRABHAYANGKARA NEWS.COM – Sabrani Kepala Desa Tirawan Kecamatan Pulaulaut Sigam Kabupaten Kotabaru,Rabu,23-09 -2020, selaku Panitia Penyelenggara Musyawarah Pembentukan Pengurus Rukun Nelayan desa Tirawan.

Dalam laporannya, peserta yang berhadir berjumlah 30 orang, terdiri dari utusan 5 Rt dalam Desa Tirawan, Kepala Desa beserta aparat desa Tirawan stap desa BPD, Ketua RT dan ketua Dusun, Ketua Ranting Kecamatan ( Hasan ), Ketua Rukun Nelayan Desa Hilir Muara Kecamatan
Sigam ( H.Anjang) perwakilan Kecamatan, dan Sekretaris DPC- HNSI Kotabaru ( Syafruddin).

Kepala desa dan juga ketua pelaksana Musyawarah Rukun Nelayan HNSI desa Tirawan, mengcapkan terimakasih dan ra bangga dengan kedatangan organisasi HNSI ke desa ini.

Didesa kami ini masyarakatnya Hampir 30 % bekerja sebagai Perikanan Budidaya tambak kolam ikan tawar.

Ikan yang dibudidayakan adalah ikan nila, ikan mas, ikan muzair, ikan gabus dan ikan puyu. Tapi tehnis pemeliharaannya secara tradisional.

Penduduk lain 10 % pekerjaannya melaut perikanan tangkap, dengan jenis alat Rimpa.

Yang lainnya beker sebagai petani Kebun.

Kami berharap kepada Pengurus Ranting HNSI dan Pengurus Cabang HNSI Kabupaten Kotabaru, agar turun tangan dapat membina para Nelayan Tambak yang saya sebutkan tadi, agar budidaya mereka bisa berkembang lagi merambah kedaerah lain Khususnya dibidang Pemasarannya
Sementara ini hanya pasar lokal.

Selain itu sebagian masyakat tambak masih kekurangan bibit, mereka aangat memerlukan selain bibit benih ikan tersebur ditaa tadi, mereka ingin mengembangkan atau membudidayakan ikan, patin lily, gabus, ikan adungan, pupu dan kakap air tawar, benih ikan ada di daerah Kabupaten banjar dan daerah Kota Banjarbaru, tapi mereka tidak cukup dana untuk membelinya.

Sehubungan akan dibentuknya Kepemgurusan HNSI di desa ini, kami dari Pemerintah Desa berharap agar HNSI bisa menjembatani utk mendapatkan benih ikan tersebut, dan kami siap bekerja sama baik segi Pembinaan atau disegi Pemasaran Panen ikan nanti, ” Pinta Kades Tirawan.

Syafruddin, Sekretaris DPC HNSI mewakili Ketua DPC HNSI yg berhalangan hadir, dalàm pengarahannya,
Syaruddin, menyampaikan Visi dan Misi organisasi HNSI.

Visi, HNSI bertujuan untuk mesayarakat Nelayan yang sehat, berpendidikan dan sejahtra lahir dan bahtin dalam Organinaasi Negara RI. yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Misi HNSI adalah untuk meningkatkan Pendapatan, taraf hidup dan Kesejahtraan Nelayan Indonesia pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya, ” kata syafruddin.

Syafruddin, sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang ( DPC- HNSI) memaparkan dalam kata sembutan tentang ke Organusasian HNSI, dikatakannya, HNSI berfungsi untuk menghimpun dan menggerakan segenap potensi kaum Nelayan Indonesia untuk pelaksana pembangunan Nasional, khususnya dibidang kelautan.

HNSI berperan sebagai organisasi massa untuk menampung aspirasi menyatukan, tekad dan gerak kaum nelayan dan masayarakat pesisir dalam menuingkatkan tarap hidup dan kesejahteraan para nelayan dalam rangka mengembangkan ke gotong rorongan menuju terbinanya kesetauan, terbinanya perse tuan bangsa dan Ketahanan Nasional.

Lanjut Sekretaris DPC HNSI, Peran HNSI sebagai organisasi Profesi adalah, untuk mengembang sikap mental dan pola pikir serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melayan dan masyarakat pesisir dalam melaksanakan Pembangunan kelautan dan perikanan, menuju untuk tercapainya peningkatan pendapatan tarap hidup ekonomi dan kesejahteraannya.

Mengadakan kerja sama dengan organisasi dan lembaga lembaga terkait, baik dengan organisasi lokal ataupun dengan lembaga Nasional.

Sekretaris DPC HNSI Kotabaru melanjutkan lagi, terkait dengan Pembentukan Pengurus Rukun Nelayan HNSI di tingkat Desa, itulah Struktur organisasi yang sudah baku yang diatur oleh Anggaran Rumah Tangga ( ART ) HNSI pasal 61 ayat 1 dan ayat 2.

Struktur Organisasi HNSI dipusat disebut, Dewan Pimpinan Pusat ( DPP), HNSI. di Provinsi disebut, Dewan Pimpinan Daerah Provinsi ( DPD). HNSI. di Kabupaten / Kota, disebut, Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) HNSI. Organisasi HNSI di tingkat Kecamatan disebut Pimpinan Ranting. di Desa dan Kelurahan disebut Pengurus RUKUN NELAYAN HNSI Desa/ Kelurahan. ditingkat RT / RW. di sebut Kelompok Nelayan HNSI.

Kelompok Nelayan ada beberapa unit usaha yang menjadi Program HNSI, yaitu, Kelompok Budidaya ikan Tambak ( Pokdakan),

Kelompok Prikanan Tangkap ikan laut.

Kelompok Pengolah dan Pemasaran ( poklahsar).

Sekretaris DPC-HNSI ( Syafruddin) Kabupaten Kotabaru, mewakili Ketua DPC HNSI, mengharapkan kepada Ketua dan Pengurus Rukun Nelayan Desa Tirawan Kecamatan Pulaulaut Sigam yang terpilih nanti, agar peserta musyawarah atau peserta rapat nanti, dapat memilih atau menempatkan kawan2 pada tempat posisi sesuai bidang.ke ahliannya.

Dalam penyusunan kepengurusan nanti, Tempatkanlah bapa, ibu sdr dan saudari yang berhadir ini, yang profesi atau pekerjaan sehari harinya misalnya Budidaya Perkanan Darat atau Budidaya Tambak, tempatkanlah dibidang Budidaya itu.

Begitu juga yang pekerjaannya di Bidang Profesinya Bidang Perikanan Tangkap ikan laut, Profesinya Kelompok Pengolah dan Pemasaran atau keahliannya bidang Pancing ikan laut, tempatkanlah nanti dalam Kepengurusan Rukun Nelayan di Desa ini, sesuai dengan ke ahliannya.

Tadi bapak Kepala Desa Tirawan dan Perwakilan Camat Pulau Laut Sigam dalam kata sambutannya, bulan september 2020 ini adalah akan digelar Musrenbang di tingkat Desa ( Musrenbangdes)Sekretaris DPC HNSI menghimbau kepada Masing Pengurus Kelompok agar membuat Proposal untuk memintakan bantuan kepada pemerintah, melalui dinas terkait.

Musrenbang berproses melalui tahapan tahapan, misalnya setelah Musrenbangdes, ada lagi Muarenbang tingkat Kecamatan, setelah itu akan dilaksanakan Musrenbang di tingkat Kabupaten.

Berkordinasilah, berkonsoltasilah para pengurus Kelompok untuk tehnis pembuatan Proposal, dengan PPL Kecamatan, dengan Kepala Desa, Bpk.Camat dan Ketua Ranting HNSI.

Bpk.Kepala Desa adalah Ketua Penasehat dan Pembina HNSI ditingkat Desa, dan bpk camat adalah Penasehat dan Pembina HNSI di tingkat Kecamatan.

Syafruddin meng akhiri sambutannya, mari kita sama sama jalin kerja sama yang baik ini dalam menjalankan roda organisasi HSNI dengan baik, saling memberi masukan yang baik, saling menghargai satu dengan yang lain, yang tujuannya adalah atas keberhasilan program HNSI yang kita laksanakan, akan menghasilkan yang bisa mensejahterakan.masyarakat Nelayan kita bina, ” Tutup Sekretaris.

( SYAFRUDDIN ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed