oleh

Budidaya Tanaman Porang ” Kini Mulai Dilakukan Warga Tani ” Kecamatan Ampana Tete,Kabupaten Tojo Una una

Tojo Una una Sulawesi Tengah Cakrabhayangkaranews.comPorang adalah jenis Tanaman Umbi – umbian, saat ini tengah populer dibicarakan warga tani dimana- mana,lantaran Jenis Tanaman Porang memiliki harga jual di pasaran sangat mengiurkan ,apalagi harga jual pada nilai Exsport. Karenanya Tanaman Umbi- umbian Jenis Porang ,kini mulai dilakukan Budidayanya oleh Warga Petani di Desa Bantuga, Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, dengan Uji Coba Penanaman Perdana sejumlah 3000, pohon.

Salah – satu Warga Tani di Desa Bantuga kecamatan Ampana Tete, kepada Media ini mengatakan, bahwa Penanaman Perdana Jenis Porang sejumlah 3000, pohon tersebut merupakan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una una, melalui Dinas Pertania dan Ketahanan Pangan Tojo Una una, di Desa Bantuga kecamatan Ampana Tete ( 28/9) 2020, di hadiri langsung oleh kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan di wakili sekdis Amir Dg.Masiki, serta unsur tripika Kecamatan Ampana Tete, dan para undangan lainya.

Pada kesempatan yang sama Camat Ampana Tete, Moh.Ichsan Mursali SP.M.si, yang juga sebagai Kostrat Tani setempat memaparkan, Lauching Perdana Penanaman Budidaya Porang yang saat ini dilaksanakan, adalah sebagai Inovasi baru, dan diharapkan dapat menunjang pendapatan para warga petani,khususnya di wilayah kecamatan Ampana Tete, oleh karena itu, Tanaman Budidaya Porang harus dapat di pertahankan, serta dapat di kembangkan guna untuk mewujudkan peningkatan hasil produksi yang akan di capai,” ungkapnya,”.

Dia juga menekankan kepada Penyuluh dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tojo Una una tentang data jumlah Petani Sekecamatan Ampana Tete terkait data yang jelas, karena data Petani terus meningkat dari tahun 2010 hingga saat ini 2020, olehnya sangat penting untuk di ketahui dengan seksama ,” tandasnya,”. ( Cr Redaksi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed