oleh

Sadarkan Pengendara Patuhi Lalu Lintas, Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra 2020 Mulai 26 Oktober

Jakarta, Cakrabhayangkaranews.comUntuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang sering melanggar dalam berlalu lintas saat berada di jalan raya dengan menggunakan alat transportasi yang digunakannya.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan kembali menggelar Operasi Zebra 2020. Rencananya Operasi Zebra itu akan digelar selama dua pekan lamanya, dimulai 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, “Operasi Zebra 2020 akan digelar mulai 26 Oktober sampai 8 November 2020,” ujarnya ke awak media, Kamis (22/10).

Operasi Zebra kali ini kepolisian akan menerapkan tindakan preemtif dan preventif serta pembinaan. Dirlantas juga menjelaskan bahwa penerapannya kali ini lebih banyak tentang sosialisasi dan pendidikan daripada penegakan hukum.

Petugas kepolisian tetap akan memberikan penindakan sanksi terhadap para pengendara yang melakukan pelanggaran berat maupun membahayakan pengguna jalan lainnya. Sehingga, ada tiga pelanggaran yang akan ditindak oleh pihak berwajib.

“Sanksi tindak akan kita berikan kepada para pengendara yang melanggar seperti melawan arus lalu lintas, pelanggaran garis stop (stop line), dan helm,” ujarnya.

Apabila terdapat pengguna jalan yang terbukti melakukan pelanggaran, maka petugas kepolisian akan mengenakan sanksi kurungan atau denda. Keputusan terkait sanksi disesuaikan dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed