oleh

Paska di Reshufle, DPD LSM Penjara Sumut Adakan Rapat Kerja & Gandeng FPII Sebagai Mitra

Medan, Sumut, Cakrabhayangkaranews.comDi buka oleh Keprianto Tarigan sebagai Protokol, DPD LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM Penjara) Sumut Sukses mengadakan Rapat Kerja Pengurus paska dilakukannya Reshufle di beberapa jabatan Pengurus dan anggota lainnya yang dilaksanakan di Kantor sekretariatan Jl. Pancasila nomor 77 Medan, Sabtu (21/11/2020) Siang.

Hasil pantauan awak media, Hadir pada acara itu, Jansen Leo Siagian (Ketua Dewan Pembina), Elfianty Tanjung, SH (Pembina), Dessy Listiawaty E, SE,SH,MAP, Ketua APPSINDO Kota Medan H Masrizal Mandai, SE, Ketua MDI Medan H Mefral Lubis, MM, Muhammad Arifin selaku Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Sumut dan unsur pengurus DPD LSM PENJARA lainnya.

Ketua DPD LSM Penjara Sumut Adi Warman Lubis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan silaturahmi sekaligus perkenalan fungsionaris DPD LSM Penjara Sumut yang baru (hasil reshuffle).

Disamping itu, kegiatan bertujuan untuk mendengarkan arahan dan bimbingan dari Ketua Dewan Pembina dan Anggota Dewan Penasehat DPD LSM Penjara Sumut priode 2020-2025.

Dalam Pengurus yang baru, kami berharap dukungan & kerja sama dari semua pihak agar LSM Penjara kedepannya jauh lebih baik dan berbuat terhadap masarakat nusa dan bangsa.

“Mari kita sama-sama awasi kinerja aparatur negara yang ada mulai dari kepling sampai gubernur baik itu intansi TNI, Polri dan pihak Swasta. Kalau memang menyalahi dan lari tupoksinya, mari kita laporkan dan tentu saja dengan bukti-bukti dan tak lepas dari praduga tak bersalah” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Adi Warman, mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pembina, Penasihat serta unsur fungsionaris yang hadir pada acara itu.
Sedangkan Purniwirawan AkBP julkarnaen siregar selaku Sekretaris DPD LSM Penjara Sumut mengatakan siap dan berjanji untuk membesarkan LSM Penjara ini dengan catatan harus benar sesuai dengan hukum dan Undang-undang yang ada.

Ketua pembina DPD LSM Penjara Sumut Jansen Leo Siagian pada kesempatan itu menyebutkan, LSM ini ke depan harus mempunyai personil yang berkualitas, berilmu pengetahuan. Dia juga menyampaikan koreksi yang membangun terhadap kegiatan perkenalan tersebut.
Dikatakannya “kegiatan LSM ini terutama dalam hal investigasi sangat berkaitan dengan tugas Kepolisian. Oleh karena itu, seluruh Anggota LSM harus punya kemampuan dalam menganalisa saat bertugas dilapangan.

Peraturan dan perundang-undangan harus dikuasai sebagai rujukan dalam melakukan investigasi” katanya.

Dia menegaskan, sesuai AD/ART LSM Penjara Sumut, istilah Sekjen hanya dipakai dan dipergunakan di Tingkat Pusat. Untuk di tingkat daerah hanya cukup Sekrearis saja. Ke depan, dia berharap, agar Kantor DPD LSM Penjara Sumut di Jalan Pacasila ini, selalu terbuka setiap jam kerja dan ada petugas yang selalu stand by yang siap bertugas mewakili para pengurus untuk menampung aspirasi masyarakat.
Leo, juga berharap, agar dalam bertugas pengurus DPD LSM Penjara Sumut melakukan konsolidasi organisasi ke daerah Kabupaten Kota di Sumut dan benar-benar memberdayakan bidang OKK dalam pembenahan serta pengkaderan organisasi ini.

Sementara Anggota Dewan Pembina DPD LSM Penjara Sumut Elvianty Tanjung,SH yang juga merupakan salah satu ketua organisasi buruh di Sumatera ini mengatakan, bahwa dirinya merasa tersanjung dan mendapat kehormatan menjadi anggota Dewan Penasehat dalam LSM Penjara ini.

Dia berikrar akan menjalankan tugas dan memberikan masukan dan saran serta pendapat demi kemajuan LSM Penjara di masyarakat.

Sedangkan Anggota Dewan Penasehat Dessy Listiawaty, SH,MAP menyebutkan, DPD LSM Penjara Sumut mempunyai paradigma baru dalam menjalankan tugas, mari kita satu komando dan bersatu padu dalam membesarkan LSM Penjara ini.
Disamping itu, lanjutnya lagi, para fungsionaris harus meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menghindari perpecahan di dalam tubuh LSM ini. Dan untuk menjalankan tugasnya harus memiliki KTA dan Surat Tugas sebagai bekal kerja dilapangan”tegasnya.

Selanjutnya Ketua MDI Kota Medan Drs H. Mefral Lubis, MM dan Ketua Appsindo Medan Masrizal Mandai, SE yang juga merupakan Anggota Dewan Penasehat dalam sambutannya, mengucapkan selamat menjadi pengurus LSM Penjara Sumut. “Mari kita bekerjasama dan saling bahu membahu dalam menjalankan tugas kita agar LSM Penjara semakin berkembang pesat dan terpercaya oleh masyarakat Kota Medan dan Sumut Umumnya,” ungkap Mefral dan Masrizal.

Melalui Ketua Adi Warman Lubis Kedua Pembina yang tidak hadir yaitu Ir. H. Erwan Rozadi, Nst sebagai penasehat saya akan mendukung semua program kerja LSM kedepan asal sesuai dengan koridor dan tupoksinya masing-masing. Tapi kalau menyalahi aturan saya sebagai penasehat akan menegur keras yang bersangkutan dan bila perlu meminta kepada ketua DPD untuk mencabut KTA nya.

Karena tidak bisa di pungkiri LSM yang ada selama ini sering di anggap sebelah mata karna kadang ulah dari pada anggotanya sendiri. Yang kadang terlalu murahan jad saya selaku penasehat berharap kepada LSM Penjara tidak seperti itu. Mari kita tunjukkan bahwa rummor jelek tentang LSM di mata masyarakat tidaklah semua sama dan itu yang harus di buktikan oleh pengurus dan anggota LSM PENJARA kedepan.

Sedangkan Pesan dari Drs. Bahrumsyah, MM melalui Adi Warman saya telah di masukkan sebagai pembina di LSM PENJARA DPD SUMUT jadi saya punya beban moral untuk membuat LSM ini lebih baik kedepannya. Karna saya tidak mau LSM ini seperti rummor di lapangan. Kata orang batak “lehen sotik mulak” saya mau LSM ini betul-betul di cintai dan segani oleh pihak manapun.

Sedangkan salah seorang yang mewakili Biro hukum di DPD LSM Penjara Sumut mengatakan “Kami 6 orang yang berada di Biro Hukum, siap membantu dalam permasalah hukum yang di tangani DPD LSM Penjara Sumut.”Jelasnya.

Sedangkan Bung Muhammad Arifin mengatakan kepada awak media “Saya selaku Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) untuk Wilayah Sumut tetap bersinergi dengan Lembaga manapun. Apalagi FPII dan DPD LSM Penjara Sumut selama ini memang bersinergi dan kedepannya sudah mempunyai rencana untuk melakukan MOU secara tertulis sebagai Mitra Kerja antara Lembaga dan Media” pungkasnya.

Diakhir acara, Seluruh pengurus berfoto bersama dengan para Pembina dan penasehat.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed