oleh

Nasrum, S.Pd, M.Pd  : Tegakkan Disiplin Sembari Memberi Teladan

Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) – Cakrabhayangkaranews.comSebagai apak Perda, Tupoksinya identik dengan disiplin. Selain pengawasan, satuan yang dibawahinya, sekaligus contoh buat instansi lain. Termasuk bagaimana ia sendiri memberi panutan yang baik, positif dan tanpa rekayasa pekerjaan yang dilingkup.

Tetapi selalu ia tekankan kejajaran bahwa aparat Pol PP yang menaungi mereka, harus berkomitmen dulu dengan penegakan disiplin, aparat Sipil Negara di luar sana. Sehingga bila ada oknum yang melanggar, langsung dapat ditindaki sesuai patrun aturan.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Pasangkayu, Nasrum, S.Pd, M.Pd menggambarkan itu, saat wawancara lepas dengan CBN di ruang kerjanya Gedung Pol PP Kabuoaten Pasangkayu, baru-baru ini.

Menurut Nasrum, penegakan Perda secara umum adalah keseharian yang dilakoni institusinya. Bagi pelanggar Perda akan ditindaki, termasuk terhadap disiplin ASN. “Pegawai yang tidak masuk kantor atau berkeliaran, jadi tugas kami mengawasinya. Tapi tetap disiplin staf dan anggota dulu yang saya utamakan, baru menerapkannya keluar,” kata Nasrum.

Selain penegakan Perda, penertiban pasar dan lapak jualan, pengamanan demo, juga bagian dari tugas Pol PP. Termasuk memback-up tugas kepolisian, pengamanan Pilkada serta pengamanan lainnya. Khususnya penerapan Prokes Covid-19 dengan mematuhi 3M.

Sebagai ketua pengamanan Prokes dan Protap Covid-19, Nasrum turun langsung ke lapangan bersama instansi terkait lainnya. Termasuk kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, Dinas Perhubungan, Kesehatan, serta sejumlah Dinas lain.

Menurut Nasrum, ia dijalankan oleh seorang Sekretaris serta empat bidang. Yakni Bidang Penertiban Umum (Tibum), Penegakan Perundang-undangan (Perda dll), Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) serta Pemadam Kebakaran (Damkar).

Mantan Kadishub Pasangkayu ini bercerita bahwa ketika di Dishub, dinamikanya lain. Juga identik dengan menegakkan aturan, tapi terkait transportasi transportasi di jalan. Utamanya, kelaikan dan penertiban kendaraan. Di Pol PP, ada sesekali layanan transportasi, tapi untuk angkutan pedesaan dengan adanya bantuan mobil dari Menteri Pedesaan.

Karir Nasrum termasuk cukup cemerlang sebagai ASN hingga memangku jabatan.
Selama kurang lebih 10 tahun mulai 2001 menjadi guru di Palu sebelum pindah ke SMA I Pasangkayu pada 2011. Hanya sekitar satu bulan atau lebih ngajar, datanglah “masa keemasan”. Nasrum di-SK-kan untuk menjadi Kabid Darat Dishub. Selama dua tahun ia jalani, pada 2013 diangkat sebagai Sekretaris Perhubungan yang dilakoninya hingga 2016 dan kemudian dipercayakan dalam operasi Plt Kadis Perhubungan Pasangkayu. Lantas, only some month saja, kemudian didevenitifkan be Kadishub hingga 2019. Pada September 2019, dinaikkan lagi menjadi Kadis Pol PP hingga kini duduk diposisi Eselon IIB Golongan IVC. Selamat! * Jay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed