oleh

Di Duga SDN 31 Krui Tak Fungsikan Komite Sekolah Dan Belum Merealisasikan  Bantuan Bos Afirmasi Dan Kinerja Pandemi Covid-19 Tahun 2020

Ngaras, Pesibar Cakrabhyangkaranews.com – Alokasi dana untuk BOS Afirmasi yakni sebanyak Rp2,08 triliun dan untuk BOS Kinerja sebanyak Rp1,28 triliun. Masing-masing sekolah yang mendapatkan BOS Afirmasi maupun BOS Kinerja akan mendapatkan anggaran sebesar Rp60 juta.

BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasi bagi satu pendidikan dasar dan menengah yang ada di daerah khusus.

Sedangkan BOS Kinerja merupakan dana yang dialokasi bagi sekolah yang memiliki kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di daerah khusus yang ditetapkan oleh kementerian.

Sekolah Dasar Negeri 31 Krui kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung merupakan salah satu Sekolah Dasar yang tersentuh bantuan. Bos Afirmasi dan Kinerja senilai 60 juta.Hal ini di dikatakan oleh Mulyono Bendahara sekolah SDN 31 Krui saat di temui di ruang kerjanya, mewakili Kepala Sekolah yang  tidak berada di tempat ( 26/11-20 ).

Menjelaskan kembali Mulyono saat menjawab pertanyaan awak media,” Kepala sekolah sedang mengikuti kegiatan di  Bandar Lampung dan  Betul, mas ! Sekolah kami mendapatkan bantuan Bos afirmasi dan kinerja dari pusat senilai 60 juta.tetapi belum kami belanjakan masih tahap RKAS aja ! Dalam merencanakan/menyusun RKAS kami bertiga,! Saya sendiri, pak Didik dan Kepala sekolah,” Ujarnya.

RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun kedepan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP( standar mutu pendidikan ). Dalam merencanakan / penyusunan Rkas melibatkan komite sekolah, Tokoh masyarakat yang memahami  tentang pendidikan .

Menegaskan kembali awak media betanya,” apakah betul mas yang menyusun RKAS itu hanya kalian bertiga? ,” betul mas hanya kami bertiga,” tegasnya.

Dalam melanjutkan investigasi awak media menghubungi Imran Kepala Sekolah SDN 31 Krui melalui via telpon seluler, mengatakan kepada awak media ,” oh, itu bang RKAS perubahan bang yang di maksud itu ! dan saa ini kami sedang dalam pemesanan barang ke penyedia jasa. kami seluruh sekolah penerima bantuan Bos Afirmasi dan Kinerja di Pesibar semua sama bang masih dalam pemesanan barang.” Ucapnya.
Saat di pertanyakan Nama Perusahaan  penyedia jasa  Ke KepalaSekolah SDN 31 Krui belum dapat memberi keterangan yang jelas kepada awak media.

BOS Afirmasi diberikan dalam rangka menutupi biaya operasional yang tiap daerah tidak sama, setiap kabupaten/kota berbeda skala ekonominya, serta jumlah rombel dan jumlah siswa di daerah 3T rata-rata rendah. Sementara BOS Kinerja, merupakan stimulus agar sekolah memiliki kinerja yang baik.

BOS Afirmasi dan BOS Kinerja pada 2020 difokuskan pada daerah khusus dan wilayah yang terkena dampak pandemi Covid-19. Untuk penggunaan dana BOS Afirmasi dan Kinerja sama dengan BOS Reguler, mulai dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pengembangan perpustakaan, kegiatan pembelajaran, kegiatan asesmen, layanan daya dan jasa, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, penyediaan alat multimedia pembelajaran, penyelenggaraan uji kompetensi keahlian, hingga pembayaran honor guru berstatus non=ASN.

Pada masa pandemi Covid-19, BOS Afirmasi dan BOS Kinerja dapat digunakan untuk mendukung kesiapan satuan pendidikan. Pada masa kedaruratan Covid-19 berdasarkan Permendikbud 19/2020, dana BOS dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data, dan atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidikan atau peserta didik.

( Cecep Rusdiono )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed