oleh

Robert Weku – Manager UP2K Palu : Keluhan Lambat Bayar Sudah Sampai ke Presiden

Palu, SultengCakrabhayangkaranews.com (CBN) – Keterlambatan pembayaran pekerjaan APLN – Listrik Desa (Lisdes) tahun 2020 terjadi di seluruh Indonesia. Termasuk pekerjaan di Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut (Balut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ini lantaran adanya pandemi Covid – 19. Juga pada pekerjaan kontrak 2019, terjadi kendala keterlambartan distribusi utama pada matrial.

Demikian penjelasan Manager UP2K (Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan) UP2 (Unit Pelaksana Pembangkitan) Palu Robert Weku kepada CBN di Palu baru-baru ini.

Kalau pekerjaan 2019 di Balut gambar Robert, banyak faktor kurang mendukung. Seperti lokasi yang sulit dijangkau lantaran belum adanya jalan. Sehingga menunggu Pemda buatkan jalan dulu.

Robert Weku menjelaskan, di Bangkurung Balut, ada enam desa yang pekerjaannya dilaksanakan oleh dua vendor. Satu sudah selesai, satunya lagi adalah pekerjaan kontrak.

Untuk Bangkurung lanjut Robert, pihak pelaksana sudah menjanjikan bahwa pekerjaan rencananya akan selesai akhir tahun ini. Yaitu pekerjaan tahun 2020, kontrak 2019.

Pemicu ketelambatan juga kata Weku, lantaran di Luwuk jumlah vendor terbatas hanya empat. Tapi syukurlah vendor-vendor andalan tersebut bekerja cukup cepat. Cuma masalahnya, terletak pada distribusi utama yang sering terlambat pada suplai matrial. Kondisi ini berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk tagihan atas pekerjaan yang sudah dijelaskan Robert diawal, saat ini sudah ada di wilayah dan tetap akan dibayarkan. “Bolanya sudah di wilayah dan pembayarannya diprioritaskan untuk vendor-vendor lokal,” ungkap Robert Weku.

Selama ini yang terjadi tambah Robert, vendor menunggu dibayar dulu, baru bisa eksyen pada pekerjaan lain.

Lebih jauh penjelasan Weku bahwa tim audit juga sudah sampai ke titik-titik pekerjaan di pulau untuk melihat dan menilai kepatutan.* jim – jay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed