oleh

Kepala Kantor Bea Cukai Kotabaru Prov.Kalimantan Selatan Musnahkan 500.028 batang rokok tidak miliki Cukai

Kotabaru Kalimantan Selatan, Cakrabhayangkaranews.comKepala Kantor Bea Cukai Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, musnahkan barang milik negara berupa rokok berjumlah 500.028 batang yang tidak memiliki Cukai, rabu, 16-12-2020, digedung mahligai Pemuda Kotabaru.

Musnahkan rokok dihadiri selain Sekretaris daerah Kotabaru, H.Said Akhmad, telah hadir juga perwakilan Kodim 1004 Kotabaru, perwakilan Polres Kotabaru, Perwakilan Danlanal Kotabaru, perwakilan Kejari Kotabaru, dan tamu undangan.

Bambang Lusanto Gustomo Kepala Kantor Pengawasan Bea Cukai Kotabaru Kalimantan Selatan mengatakan, peredaran Barang Kena Cukai ( BKC) telah melanggar pasal 29 ayat 1 Undang Undang nomor 11 tahun 1995 jo undang undang no.39 tahun 2009 tentang cukai.

“Lanjut Bambang, yang dimusnahkan ini adalah milik Negara berupa batang rokok tidak memiliki cukai, ini merugikan Negara, ” Ucap ka bea Cukai.

Sementara Sekdakab Kotabaru, Said Alhmad mengatakan, pemusnahan tembakau dari dana bagi hasil ini antara pemerintahpusat dan pemerintah daerah cukup besar jumlahnya, pembagian hasilnya merupakan sumbagan untuk pembangunan di Kabupaten Kotabaru, sekda menilai langkah tindakan tepat yang dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kotabaru ini, ” tegas sekda.

Tembakau atau rokok yang bercukai dapat merontokan ekonomi bagi pedagang yang mentaati aturan cukai, ” jika hal ini dibiarkan tanpa dilakukan tindakan yang tegas, akan menjadi problem dan merugikan Pemerintah Khususnya, ” tegas said akhmad.

Lanjut Said, wilayah Kabupaten Kotabaru ini, cukup luas, dan wilayahnyadapat dimasuki melalui udara, melalui dataratan, juga bisa melalaui lautan, semuanya ini adalah menjadi tantangan bagi kawan kawan bea cukai untuk mengamankan barang-barang ilegal yang masuk ke daerah Kotabaru ini, ” Kata said.

Sekda kotabaru melanjut
kan lagi, ” Kabupaten Kotabaru ini sudah masuk Kawasan industeri, kedepan bagaimana kita bersama sama mengantisipasi masuknya barang ilegal seperti yang dimusnahkan ini, tanpa adanya kekompakan kita tidak akan bisa menjaring lebih luas lagi terhadap
masuknya barang barang yang ilegal, ” Kata Sekda.

Kepala Bea cukai meng akhiri, pemusna
han barang ilegal ini, menyiramkan air diterjen kedalam tompokan rokok ilegal, diawali oleh Sekdakab Kotabaru, diikuti oleh Kepala Kantor Pengawasan Bea Cukai Kotabaru, perwakilan Kodim 1004 Kotabaru, Perwakilan Kapolres kotabaru, perwakilan Dan lanal Kotabaru, juga dilaku yang sama oleh tamu dan undangan lainnya. Barang yang dimusnahkan berjumlah 500.028 batang rokok dengan nilai taksiran Rp.466 juta rupiah, diperkirakan kerugian
Negara berjumlah Rp.215 Juta rupiah,” tutupnya.

(Syafruddin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed