oleh

TIDAK TRANSPARAN, KADES NENASIAM MALAH  TANTANG WARTAWAN SAAT DI KONFIRMASI

Nenasiam – Batubara, Cakrabhayangkaranews.comKeterbukaan Informasi Publik menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan Good Governance dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik,transparan,partisiptif dan Akuntabilitas. Hal tersebut di buktikan dengan adanya mandate uu Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Pblik.

Selanjutnya dalam integrasi mewujudkan pemerintahan yang baik dan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi publik, kementrian dalam Negri telah mengeluarkan Peraturan Mentri Dalam Negri Nomor 3 Tahun 2017 tentang pedoman pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi publik Kementrian Dalam Negri dan pemerintahan Daerah pada pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) pada peraturan tersebut menyatakan bahwa informasi dan dokumentasi publik kementrian dalam Negri dan Pemerintahan daerah bersifat terbuka dan dapat di akses oleh setiap pengguna informasi dan dokumentasi publik, kecuali informasi dan dokumentasi yang di kecualikan bersifat ketat,terbatas dan rahasia.

DASAR HUKUM.

1. undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

2. Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

3.Undang Undang Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008. Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

4.Peraraturan Mentri Dalam Negri Nomor 3 tahun 2017 Tentang pedoman pengelolaan informasi dan Dokumentasi Kementrian Dalam Negri dan Pemerintahan Daerah.

5.Peraturan Komisi informasi Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Stndar layanan Informsi Publik.

Nah.. Dari dasar Hukum yang telah di Atur NKRI. Namun hal Tersebut masih ada, diantara Kepala Desa, yang diduga bermain main tentang KIP. Seperti Pemerintahan Desa Nenas Siam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatra Utara.

Pasal nya, pada saat ini, pihak Pemerintahan Desa Nenas Siam sedang Melakukan proses Pembangunan Pagar Kantor Desa Nenas Siam. Dimana dalam Proses pembangunan tersebut Ka. Biro Cakra Bhyangkara News (CBN) pada saat melakukan Kunjungan kekantor Pemerintahan Desa Nenas Siam 16/12/2020 TIDAK Menemukan Tanda tanda Kebaradaan Papan Nama tentang Komponen Pelengkap Ketentuan plaksanaan Kegiatan pembangunan. Padahal papan nama pembangunan adalah sebagai bentuk Transparansi atas semua Kegiatan yang di biyayai Uang Negara yang dikutip dari pajak Rakyat.

Pada masa Proses Pembangunan Pagar Kantor Desa Nenas Siam yang di perkirakan sudah mencapai lima puluh (50) persen Tersebut. dimana hanya Terlihat Dua (2) orang Pekerja di antara nya Mengaku Tukang dan Pembantu Tukang. Dengan upah Kerja seratus lima puluh ribu(150) Rupiah perseorang.

Menurut, Ka.Biro CBN pada tahun 2019 Ketidak Transparanan. Kepala Desa Nenas Siam, juga pernah terjadi pada masa pembangunan TUGU NENAS yang dulu nya juga tidak ada dipasang papan nama pembangunannya. Ya.. Mungkin indikasinya sebuah trik agar dapat membodoh bodohi warga dan tidak termonitoring besar nya anggaran.

Lanjutnya ka. Biro CBN melakukan Konfirmasi ke salah seorang Perangkat Desa (sekdes) melalui Hp, Tentang Papan nama pembangunan. Sambari mengingat kan agar papan nama pembangunan dilampirkan diarel pembangunan Namun sekretaris Desa hanya berkata singkat, ” saya tidak tahu pak, tanya saja sama Kepala Desa” ungkap nya.

Ungkapan TIDAK TAHU yang dikatkan Sekdes seolah olah Lupa/pura pura lupa akan Fungsi nya sebagai Sekdes.

Pada hari dan waktu yang berbeda minggu 20/12/2020 tepat di Kantor pemerintahan Desa Nenas Siam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Yang Kebetulan Kades dan beberpa masyarakat lagi duduk di perkarangan Kantor Desa Ka. CBN mengkonfirmasikan kembali tentang papan Nama pembangunan nya, dengan santai nya kepala Desa Menjawab ” papan nama masih dibuat pak, dan pembangunan ini pun dari dana Hibah dan Pajak yang menghibahkan nya, saya.. Tidak pandai laga laga argumen kalau menurut anda ada yang salah ya…sudah laporkan saja ” Pungkas Kades Nenas Siam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed