oleh

Cegah Banjir & Longsor, Warga Desa Cikawung Dusun Cijati Indramayu Dorong Percepatan Reboisasi dan Reklamasi

Indramayu – Balai Pertemuan Warga di Dusun Cijati Desa Cikawung Indramayu mendadak ramai dan penuhi puluhan masyarakat .

Terpantau sejak pukul 14. 00 WIB halaman balai pertemuan itu di datangi satu persatu warga dari bebagai kalangan .

Selidik punya selidik, rupanya warga di sana sedang menggelar rapat dalam rangka melakukan reboisasi dan reklamasi hutan di Kawasan Dusun Cijati Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu .

Dalam acara tersebut hadir para tokoh masyarakat , Kepala Dusun Cijati Ranto , Pjs Desa Cikawung Kusdi, Tokoh pemuda Deden, lima pengusaha tambang galian pasir serta Ketua Lembaga Bantuan Hukum Kami Ada , Andi Tatang Supriyadi.

Usai rapat , Kepala Dusun Cijati Ranto, mengatakan bahwa hasil musyawarah hari ini adalah membahas terkait dengan rencana reboisasi dan reklamasi lahan yang sudah tidak terpakai hasil dari penggalian para penambang pasir.

” Hari ini adalah rapat membahas rencana reklamasi dan reboisasi lahan galian C yang sudah tidak beroperasi lagi. Kami juga mengundang para pengusaha galian yang telah melakukan penambangan pasir di wilayah ini ” Kata Ranto, Kepala Dusun Cijati ketika di temui sejumlah wartawan di Balai Pertemuan Desa Cikawung , Jumat 5 Februari 2021.

Dia mengatakan, hasil kesepatakan warga dengan para tokoh masyarakat serta para pengusaha penambang pasir akan dilaksanakan pada bulan April 2021.

” Karena cuaca sedang musim hujan, kesepakatan rencana reboisasi dan reklamasi akan dilaksanakan bulan April mendatang ” ungkapnya dengan pelan.

Salah satu pengusaha galian pasir H. Engkar menyampaikan bahwa dirinya beserta masyarakat sekitar telah bersepakat akan melakukan reboisasi dan reklamasi demi menjaga serta melindungi hutan yang rusak agar tidak menimbulkan bencana alam dan longsor yang dapat merugikan masyarakat.

” Alhamdulilah , kami dari pihak perusahaan tambang siap melakukan reboisasi dan reklamasi. Galian lubang yang rusak harus dibenahi agar tidak timbul gejolak ditengah masyarakat” ujar H. Engkar yang juga di ketahui sebagai sesepuh Desa Cikawung.

Sementara itu ,Tokoh pemuda Deden , mengaku sangat mendukung hasil rapat pada hari ini yang akan segera melaksanakan reboisasi dan reklamsi terhadap hutan – hutan yang berada dikawasan tersebut .

” Saya sangat mendukung rencana reboisasi dan reklamasi, semoga bisa terlaksana. Karena jika sudah direklamasi dan rebosiasi akan akan bermanfaat besar bagi masyarakat sini “kata Deden sambil tersenyum manis .

Dia pun mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak Andi Tatang Supriyadi dari Lembaga Bantuan Hukum Kami Ada , yang telah membantu warga dalam melaksanakan rebosiasi dan reklamsi .

Selain itu , Deden mengungkapkan dirinya sebagai Tokoh Pemuda dan selaku Ketua Panitia Pembangunan Dusun Cijati akan memberikan pelaporan pertanggung jawaban dana lingkungan yang selama ini didapat dari Perusahaan galian pasir kepada seluruh masyarakat di balai pertemuan Dusun Cijati dalam waktu dekat.

” Ya nanti laporan pertanggung jawaban akan di sertai dengan pelaporan dana koperasi, biasanya pelaporannya berbarengan” pungkas Deden menegaskan . (AK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed