oleh

AMPHIBI PERSIAPKAN AKSI BERSIH SUNGAI DELI, UNIT RESCUE AMPHIBI DAPAT BANTUAN TABUNG OXIGEN

Sumut, Cakrabhayangkaranews.com – Komitmen Lembaga Amphibi dalam Perbaikan Lingkungan Hidup & Sosial Kemasyarakatan terlihat semakin nyata dengan memperingati hari besar lingkungan hidup yang telah di agendakan dalam kalender Lingkungan Hidup Amphibi 2021.

Kali ini Amphibi akan melaksanakan Aksi Bersih Sungai Deli dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dan Hari Air Sedunia XXIX yang digabung pelaksanaannya pada 25 Maret 2021 dengan mengangkat issu Pencemaran Sampah di Sungai Deli yang memiliki sejarah di masa kejayaan Kesultanan Deli.

 

Untuk mempersiapkan segala kebutuhan Aksi tersebut, gabungan pengurus Amphibi Sumut melakukan rapat panitia bersama Tekab Ojol Sumut & Kota Medan, Yasos Bks Sumut, Amphibi Sungai Deli dan KPPL Amphibi Marelan yang dilaksanakan di kantor wilayah Amphibi Sumut pada,
Sabtu (06/03/2021).

Rapat panitia persiapan Aksi Bersih Sungai Deli dalam rangkaian Hari Air Dunia XXIX dan HPSN 2021 dihadiri Ketua Umum Amphibi Agus Salim Tanjung So,Si.

Kehadiran A.S.Tanjung dalam rapat tersebut sekaligus memberi info dan keputusan terkait kerjasama Amphibi dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Kementerian Lhk dalam Aksi Bersih Sungai Deli pada bulan Maret 2020 lalu yang tertunda sehubungan Pandemi covid-19.

Dalam rapat tersebut, A.S.Tanjung menyatakan bahwa untuk Aksi Bersih Sungai Deli yang dirangkum dalam rangkaian Hari Air Dunia XXIX dan HPSN untuk tahun 2021 ini tetap akan dilaksanakan dengan memperhatikan Prokes dan mengurangi jumlah massa Aksi, ucap A.S.Tanjung.

Dirinya juga mengatakan bahwa rencana pelaksanaan Aksi akan dibagi dengan 2 kegiatan yaitu :
1.Melakukan deklarasi bersama dalam komitmen Save Sungai Deli, 2023 Bebas Sampah yang direncanakan akan dipimpin Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan menangkap Sampah menggunakan jaring tanguk dari atas Kubus Apung yang akan segera dipasang di Sungai Deli Jl.Dt.Rubiah Rengas Pulau Kec.Medan Marelan.
2.Melakukan Penanaman 2021 Pohon Produktif di lahan milik Balai Wilayah Sungai Sumatera II yang akan dijadikan Taman Wisata Buah dan lokasi Pengolahan Sampah yang terjaring dari aliran Sungai Deli, jelasnya.

Sementara ketua Amphibi Sumut M.Nur Nainggolan SS,MA mengatakan bahwa Aksi Bersih Sungai Deli dan pemasangan Kubus Apung penahan sampah adalah untuk yang pertama kali dilakukan di Sumatera Utara.

“Kami yakin dengan adanya Aksi Bersama seluruh pihak dalam membersihkan Sungai Deli dari Sampah dan Limbah, Pencemaran dan kerusakan lingkungan di Sungai Deli ini akan terselesaikan dalam waktu 2 Tahun, ucap M.Nur.

Untuk Solusi Amphibi dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Sungai Deli, kami mengajak kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWS) dalam penyediaan Kubus Apung dan peralatan pendukung lainnya, jelas M.Nur.

Harapan kami kerjasama Amphibi dengan Ditjen PPKL Klhk mampu menyelesaikan permasalahan Sampah dan Pencemaran Limbah di Sungai Deli Medan .

Setelah Sungai Ciliwung dan Citarum yang secara bertahap dalam pemulihan, kami berharap Sungai Deli yang memiliki sejarah di masa kejayaan Kesultanan Deli ini terbebas dari permasalahan Sampah dan Limbah, “ucap M.Nur.

Diakhir rapat panitia persiapan Hari Air Dunia XXIX 2021 dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, dilakukan serah terima bantuan dari CV.Arum berupa 1 set tabung Oxigen untuk kelengkapan Unit Rescue Amphibi yang bekerja untuk Sosial Kemanusiaan.

Penyerahan bantuan 1 set tabung Oxigen dari CV.Arum diberikan Budy Rahayu kepada Ketua Umum Amphibi Agus Salim Tanjung So,Si dan selanjutnya diserahkan kepada ketua Amphibi Sumatera Utara M.Nur Naingolan SS, MA untuk menjadi inventaris kelengkapan didalam Unit Kendaraan Sosial Rescue Amphibi.
(red-litbanglh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed