oleh

KEMENDAGRI RENCANA BUKA “INDONESIA MAJU VIRTUAL EXPO & FORUM 2021”

Jakarta, Cakrabhayangkaranews.comPandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak besar terhadap pembangunan nasional dan berpengaruh pada kondisi ekonomi 2021, sekaligus melemahkan ketahanan ekonomi nasional.

Sejumlah agenda percepatan pemulihan ekonomi dan sosial yang menjadi tema rencana kerja anggaran pemerintah (RKAP) 2021 yakni, mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dengan fokus pemulihan industri, pariwisata, dan investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaring pengaman sosial, reformasi sistem pertahanan,”. Langkah itu diambil untuk mengejar target rencana pemerintah jangka menengah nasional RPJMN 2020-2024.

Sebagai pemangku kepentingan utama nasional, Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, memandang penting untuk menjembatani sasaran agenda pembangunan nasional, utamanya menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mengukuhkan akar budaya bangsa dalam upaya strategis menguatkan ketahanan ekonomi nasional dengan sasaran utama penguatan UMKM.

Atas kerjasama harmonis yang dibangun dengan mengapresiasi peran serta masyarakat dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional dimasa dan pasca pandemi Covid – 19, Direktorat Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum bersama PT. Cendekia Mulia Komunikasi (CENDEKIA SYNERGY), swasta nasional dibidang meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) menggagas “Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021”, bertemakan “Transformasi Sosial Budaya Untuk Ketahanan Ekonomi Nasional” dengan mendorong rasa nasionalisme melalui “BANGGA, CINTA & PAKAI PRODUK INDONESIA“.

Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021, secara teknis merupakan pameran berbasis online secara virtual sebagai inovasi dalam menyikapi pandemi Covid – 19 terhadap kegiatan pameran yang dilakukan secara manual (offline).

Pameran berbasis online ini, memberikan penghargaan atas partisipasi peran dan kontribusi sektor UMKM terhadap perekonomian nasional, agar menjadi usaha yang tangguh, kuat dan inovatif , serta mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri dan peluang ekspor, dengan manfaat bagi UMKM dalam membuka peluang pasar untuk pembeli atau investor potensial lokal dan manca negara. Sekaligus mensinergikan upaya – upaya daerah dalam meningkatkan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan, meningkatkan daya saing produk nasional melibatkan generasi millennial dalam skema industry 4.0.

Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021 direncanakan akan dibuka secara resmi pada April 2021. Hal ini untuk memberikan kesempatan partisipasi peserta dari seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi.

Berlandaskan Visi Pembangunan Nasional Untuk Indonesia Maju Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong, Indonesia Maju Virtual Expo & Forum 2021, menegasan tekad untuk bersikap dinamis dan optimis menatap masa depan yang lebih baik, sejalan dengan tumbuhnya prakarsa kreatif kerjasama seluruh komponen bangsa, menjawab berbagai tantangan dengan mengelola perubahan secara cerdas dan arif didasari akar budaya bangsa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed