oleh

Letkol Agung wahyu Perkasa S.sos Ikuti Sosialisasi Melalui Vicon tentang UU No 23 tahun 2019

Muntok, cakrabhayangkaranews.com – Komandan Kodim 0431/Bangka Barat Letnan Kolonel Inf Agung Wahyu Perkasa, S.Sos. ikuti sosialisasi melalui video conference (vicon) tentang UU No. 23 Tahun 2019 Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara dipimpin langsung oleh Ditjen Pothan Kemhan RI. Kegiatan berlangsung di Makodim 0431/Bangka Barat. Jum’at (12/3).

Pertahanan Negara bagi suatu bangsa yang berdaulat merupakan suatu cara untuk menjaga, melindungi, dan mempertahankan keutuhan, persatuan dan kesatuan, serta kedaulatan bangsa terhadap segala bentuk Ancaman. Bangsa Indonesia memiliki cara sendiri untuk membangun sistem Pertahanan Negaranya, yaitu sistem pertahanan yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh Warga Negara, wilayah, dan Sumber Daya Nasional lainnya, yang dipersiapkan secara dini oleh Pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala Ancaman.

Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara dilaksanakan dengan usaha, seperti : Bela Negara, Penataan Komponen Pendukung, Komponen Cadangan, Penguatan Komponen Utama dan Mobilisasi serta Demobilisasi.

“Dalam undang-undang tersebut menjelaskan tentang pembentukan komponen cadangan yang terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan dan sarana prasarana nasional berkaitan dengan pertahanan negara. Sosialisasi yang dilakukan melalui video conference ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan sumber daya nasional, pertahanan negara yang nantinya meliputi konsep sumber daya nasional, bela negara, komponen cadangan dan mobilisasi atau demokratisasi melalui tinjauan dari aspek politik dan hukum.
Setiap warga negara harus turut serta melakukan bela negara dalam rangka memperkuat Pertahanan Nasional,”ucap Dandim 0431/Bangka Barat Letnan Kolonel Inf Agung Wahyu Perkasa, S.Sos.(rza/fr)

Sumber pendim 0431/babar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed