oleh

Polres Labuhanbatu Kerja Nyata Menjaga Kesehatan Tahanan Berikan Gizi dan Vitamin

Labuhanbatu, Cakrabhayangkaranews.com-Untuk selalu menjaga kesehatan tahanan Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.IK,.MH melalui Kasat TAHTI Iptu Roky Sianturi membagikan asupan makanan tambahan kepada 284 tahanan Polres Labuhanbatu berupa bubur kacang hijau dan vitamin BECOM-C Kaplet Sabtu (13/03/2021) pukul 16.00 WIB.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan S.IK,.MH melalui Kasat TAHTI Iptu Rocky Sianturi menjelaskan,” bahwa Sat TAHTI bertugas menyelenggarakan pelayanan perawatan dan kesehatan tahanan, termasuk pembinaan jasmani dan rohani, serta menerima, menyimpan dan memelihara barang bukti, yang didukung dengan penyelenggaraan administrasi umum yang terkait sesuai bidang,”ungkap Kasat.

 

Iptu Rocky Sianturi juga menambahkan, pemberian asupan makanan tambahan tersebut bertujuan agar para tahanan tetap terjaga kekebalan tubuhnya dan tetap sehat dan bugar sehingga terhindar dari penularan virus penyakit.

“Bersaman dengan pemberian asupan makan tambahan dan vitamin tersebut, Kasat TAHTI memberikan arahan kepada para tahanan agar tetap mengikuti SOP ( Standar Operasional Prosedur ) dan jangan ada yang macam- macam yang dapat merugikan diri sendiri misalnya: melakukan pencurian barang milik tahanan lainnya, memasukkan narkoba ke dalam ruang tahanan melalui tamu yang besuk atau melalui siapapun, melakukan penganiayaan kepada orang lain ( sesama tahanan) dan tindak pidana lainnya.” ungkapnya.

Ditambahkannya,. Bahwa saat sekarang ini, tahanan karantina yang ada di sat reskrim sedang di rehabilitasi sehingga tahanan yang sebelumnya di tempatkan di sel tersebut di geser ke Sel Sat TAHTI sehingga jumlah tahanan di RTP menjadi lebih over kapasitas.namun mudah mudahan pada hari Senin ini, sel yang di Sat Reskrim cepat siap, agar tahanan bisa dibagi penempatannya. Banyaknya tahanan tersebut sebagai bukti nyata bahwa Polres Labuhanbatu khusunya Sat Narkoba sangat antusias untuk menangani Tindak Pidana Narkotika dan obat obatan terlarang begitu juga dengan Sat Reskrim sangat gigih untuk menindak lanjuti setiap laporan dari masyarakat, “jelasnya.

Perwira dua balok dipundaknya ini juga menjelaskan bahwa tahanan yang ada di RTP sudah over kapasitas dari kapasitas 52 orang sekarang didalam RTP menjadi 284 orang. Ditambah lagi tahanan yang di narkoba ada sekitar 71 orang tahanan disana. Menjawab Cakra Bhayangkara News, “apakah tahanan yang ada di sel karantina narkoba juga di berikan asupan makanan dan vitamin? ” Kasat TAHTI menjelaskan, “bahwa tahanan yang ada di sel karantina sat narkoba tersebut selalu di asupi makanan dan vitamin oleh Kasat Narkoba Polres Labuhan batu.”

“Para tahanan yang ada di RTP dan sel karantina Narkoba, walaupun haknya telah dicabut lewat proses hukum yang dilakukan terhadap para tahanan tersebut, kita tetap memakai azas praduga tak bersalah sebelum ada putusan inkrah. Mereka tetap kita manusiakan, “bebernya.

Masih menurut Kasat TAHTI, bahwa makanan tambahan dan vitamin yang dibagikan kepada para tahanan semua dapat bagian. Kebetulan tahanan kita sudah banyak kali didalam mencapai 284 orang dengan jumlah kamar cuman 10 ruangan sehingga hampir setiap Minggu kita harus menyedot Septic tank.

“Untuk itu, biar jangan terlalu cepat cepat menyedot, kita buat solusi dengan membuat Septic tank baru dengan ukuran 2,5×3 meter dan kedalamannya 2 meter lebih.

Dengan bantuan bapak Kapolres juga, kita membuat tempat ruang tunggu dari pada orang yang hendak membesuk tahanan. Sebenarnya pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini tidak ada besuk tahanan yang ada adalah besuk online tapi tidak menutup kemungkinan ada famili famili para tahanan yang datang dari jauh untuk menjenguk tahanan untuk itulah kegunaan ruang tunggu itu dibangun,”kata Kasat TAHTI.

(Porden Naibaho,SH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed