oleh

11 Mitra Binaan PT Timah Ikuti Bazar Ramadan 2021 *Wadah Pasarkan Produk UMKM

PANGKALPINANG, Cakrabhayangkara News,Sebanyak 11 mitra binaan PT Timah ikut dalam kegiatan Bazar UMKM Ramadan 2021 yang diselenggarakan di Bandara Depati Amir Bangka yang dilaksanakan pada 23 April-2 Mei 2021.

Mitra Binaan PT Timah bersama puluhan UMKM lainnya yang merupakan binaan dari masing-masing BUMN yang ada di Babel menjajakan produk mereka di selasar Bandara Depati Amir. Berbagai produk makanan dan kerajinan dijual dalam Bazar Ramadan yang baru pertama kali dilaksanakan di Bandara Depati Amir ini.

Bazar Ramadan 2021 ini menjadi salah satu wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka. Selain itu, Bandara yang menjadi gerbang masuknya tamu ke Bangka Belitung menjadi tempat yang tepat untuk memasarkan produk UMKM.

PT Timah memiliki berbagai cara untuk memasarkan produknya, selain melalui Bazar, emiten berkode TINS ini juga memasarkan secara rutin produk UMKM di Tins Gallery dan Galeri Serumpun Sebalai yang ada di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Gerakan PT Timah untuk mendukung UMKM juga dilakukan dengan menyalurkan dana bergulir melalui program kemitraan. Melalui program kemitraan ini PT Timah membantu permodalan, pelatihan dan pembinaan bagi mitra binaan PT Timah yang dinilai potensial.

Salah satu mitra Binaan PT Timah yang ikut dalam Bazar Ramadan, Budi Pramono, mengatakan dirinya menjual produk pewter. Pewter merupakan kerajinan yang berbahan dasar timah. Dirinya menjual berbagai bentuk kerajinan seperti kapal pinisi, gantungan kunci, bros, dan plakat.

“Ya dengan adanya bazar ini kita ada tempat untuk jualan, selain Bazar ini saya biasanya juga pasarkan produk di Bandara di Galeri Serumpun Sebalai yang dibuat PT Timah sama Angkasa Pura dari Oktober lalu,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya event seperti ini dapat meningkatkan penjualan mereka, meski tak seramai biasanya. Namun, setidaknya masih ada yang membeli.

“Enggak seramai biasanya, tapi lumayan ada juga yang membeli. Kalau kita jual di tempat ramai seperti ini kan hari ini adalah yang beli. Dulu sebelum pandemi, kami juga diajak PT Timah untuk pameran memasarkan dan memperkenalkan produk,” ujarnya.

Senada, juga diungkapkan Ratna mitra binaan PT Timah yang menjual produk ampiang dan kemplang ikan yang turut memasarakan produknya. Kata dia, sejak pandemi ini omsetnya turun sebanyak 70 persen. Dengan adanya bazar-bazar ini tentunya dapat menggairahkan penjualan produknya.

“Dengan orang liat seperti bazar seperti ini ada yang beli karena kan orang lihat terutama orang yang datang dan ini bisa jadi oleh-oleh untuk yang mau berangkat. Saya diajak dan diberitahu sama PT Timah karena memang mitra binaan untuk bisa jualan di sini,” katanya.

Menurutnya, dengan menjadi mitra binaan PT Timah banyak manfaat yang dirasakannya untuk meningkatkan produksi, menambah modal dan memasarkan produk.

Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi mengatakan kegiatan yang digagas BUMN ini merupakan wujud komitmen untuk mendukung UMKM bahwa UMKM tidak berjalan sendiri-sendiri. Namun, saling bergandeng tangan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui UMKM.

“Ini menjadi wadah UMKM Babel untuk memasarkan produknya, ini juga menunjukkan UMKM tidak berjalan sendiri. Kondisi Covid-19 membuat kita tidak seperti biasanya. Dengan adanya gebrakan dari BUMN ada Angkasa Pura, PT Timah, PLN, Perbankan ini upaya kita untuk sama-sama begerak kembali menggerakkan ekonomi kita karena UMKM ini kontributor menjadi penggerak ekonomi,” katanya.

Senada, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elviyena mengatakan BUMN di Babel termasuk PT Timah mensuport para mitra binaan untuk menggairahkan ekonomi UMKM.

“Ini menjadi kesempatan UMKM Babel untuk memasarkan produk, dan kita apresiasi para BUMN yang sudah membantu UMKM. Kalau dulu kan mitra binaan ini diajak pameran, tapi karena pandemi ya acara-acara seperti ini untuk membantu UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan PT Timah memiliki beberapa program untuk mengembangkan UMKM melalui program kemitraan dan program pelatihan, promosi dan peningkatan produk UMKM.

“Untuk pemasaran UMKM, PT Timah memfasilitasi beberapa tempat seperti di TINS Gallery, Galery Serumpun Sebalai yang kita kerjasama dengan Angkasa Pura. Kita berharap UMKM kita segera bangkit dan ekonomi kembali bergerak,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed