oleh

Amran Hi Yahya : Saatnya BUMDES Diberdayakan

Tolitoli – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Pemerintah Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah dibawah kepemimpinan Bupati Amran H.Yahyao memiliki komitmen kuat untuk memberdayakan seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diseluruh Kabupaten Tolitoli.

Saat ditemui wartawan media ini di kediaman pribadinya dikawasan empang Tambun Tolitoli, Minggu (12/6), Bupati Tolitoli Amran H.Yahya menegaskan, visi besar Pemda Tolitoli saat ini adalah mewujudkan masyarakat Tolitoli yang sejahtera & mandiri.

“Karenanya, salah satu hal yang harus mendapat perhatian adalah bagaimana upaya untuk memberdayakan seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Tolitoli,” tegas Amran Hi Yahya.

Menurut Bupati Tolitoli yang juga sebagai Ketua Dewan Penasehat Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Sulawesi Tengah itu, BUMDES sudah saatnya diberdayakan. BUMDES juga dimaksimalkan eksistensinya. Juga sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat seluruh desa yang ada di daerahnya.

Dikatakan pula, soal pemberdayaan BUMDES, tidak bisa semata hanya dibebankan kepada pemerintah desa. Tetapi juga harus didukung oleh Pemerintah Daerah dan perangkat terkait.

“Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menjadi leading sektor untuk itu dengan dibantu oleh dinas terkait lain dan seluruh kepala wilayah kecamatan,” tandas Amran.

Dikatakan pula, peran Pemeintah Daerah dan perangkatnya untuk ikut memberdayakan BUMDES. Nantinya akan diwujudkan dalam bentuk kegiatan supervisi, pembimbingan dan pelatihan.

^Prinsipnya, saya mengajak OPD terkait untuk lebih serius dalam mengelola program pemberdayaan BUMDES dalam kurun waktu sampai tiga tahun kedepan.^ tegas Bupati yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Desa itu.

Sebagai pamungkas, Bupati Tolitoli berharap, dengan adanya upaya pro aktif Pemda dan seluruh perangkatnya dalam upaya memberdayakan seluruh BUMDES. Maka nantinya, akan mengarah pada pencapaian program unggulan “Satu Desa Satu Produk Unggulan”. (tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed