oleh

Pilkades Buol Serentak Dihelat Hari Ini

Buol, Sulteng – Cakrabhayangkaranews .com (CBN) – “Hari H” voting day (pemilihan – red) Kepala Desa (Kades) Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) serentak, dihelat Sabtu 16/10 hari ini. Ditandai tuntasnya pengiriman logistik ke desa-desa sejak pagi kemarin, Jumat (15/10). Logistik Pilkades Buol serentak tersebut, dilepas dari Kali — ibukota Kabupatenn Buol, ke 41 desa.

Ketua Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Buol, Sulteng Suondo D Sanua, S.Sos menyatakan itu saat dikonfirmasi CBN, Jumat (15/10).

“Gelar Pilkades Buol serentak Buol siap di 41 desa penyelenggara. Kemarin pagi, logistik tersebut sudah didistribusikan,” ungkap Suondo Sanua.

Kepala Inspektorat Kabupaten Buol Drs Ariyanto Rioeh, MSi menyatakan bahwa seluruh tahapan terkait proses administrasi dan seleksi kelaikan Balon Kades Buol untuk mengikuti kontestasi sudah terpenuhi. “Dan yang berhak mengikuti Pilkades ada 41 Kades,” ungkap Ariyanto Rioeh.

Hampir senada Kadis BPMD Buol Abd Yani L Saad, SSos mengatakan, semua syarat majunya Balon Kades Buol sudah terpenuhi. “Tidak ada masalah. Untuk 41 Kades, siap berkompetisi,” ujar Abd Yani L Saad.

Camat Lakea Moh Syarif, S.Pt yang dihungi CBN Kamis (14/10) menyatakan dalam kaitan penyelenggaraan Pilkades Lakea I pihaknya telah mempersiapkan sebaik mungkin. “Kami mengkoordinasikan dan memediasikan kebutuhan kabupaten dan pihak desa, terkait penyelenggaraan Pilkades Lakea I. “Dengan harapan, semuanya berjalan baik, kondusif, dan terlaksana sesuai rencana,” kata Moh Syarif.

Ketua Panitia Penyelenggara Pilkades (P3) Lakea I Hardiansyah, SKM yang dikonfirmasi CBN sehari sebelumnya, Kamis (14/10) memberikan gambaran kesiapan itu.

“Kalau kami panitia beserta anggota sudah siap menjadi penyelenggara,'” ungkap Hardianyah didampingi Sekretaris Panitia Subandrio T Paker.

Menurut Hardiansyah dan Subandrio panitia Pilkades Lakea I terdiri dari 11 anggota plus 3 anggota tambahan untuk mencukupi jumlah penyelenggara (PPS) atau panitia pemungutan suara. “Ada dua TPS yang masing-mading menampung dua kotak suara untuk dua dusun di TPS, serta

satu TPS untuk tiga kotak suara,” jelas Hardianyah.

Terkat isu kertas suara yang ditolak gara-gara baju jasn yang tidak sewarna, kata Hardianyah sudah terganti.

“Memang sudah sesuai permintaan panitia sejak awal salah satu syarat, dalam persyaratan yang tertulis di dalam ketentuan pencalonan Kades Lakea I,” tambah Sibandrio.

Menyusul isu penolakan kertas suara lantaran warna baju yang tidak seragam beberapa waktu lalu, akhirnya jas dalam kertas suara sudah terganti,” ungkap Subandrio.

Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Suondo, menambahkan, masalah penggantian kertas suara sepengetahuan pihaki kabupaten dan sudah melalui rembuk panitia Pilkades Lakea I dengan pihak panitia kecamatan. Kertas suara yang diganti, selanjutnya dimusnahkan.

“Semua sudah sesuai persyaratan dan ketentuan,” kata Suondo.

Berapa jumlah kertas suara yang diganti ungkap Subandrio, sesuai DPT (Daftar Pemilih Tetap) Desa Lakea I yang sudah ter-up date yakni 1.768.

“Kami tetap berkoorsinasi dengan pihak Pemerintah Desa Lakea I, BPD setempat dan Kecamatan,” tukas Hardianyah.* jay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed