Malang – Jawa Timur, Cakrabhayangkaranews.com Untuk mengurangi dampak abrasi di pesisir pantai, Kodim 0818/Malang-Batu melalui Program Teritorial bidang Bakti TNI mengadakan kegiatan penanaman pohon magrove di Pantai Wisata Wonogoro Dusun Sukorejo desa Tumpakrejo Kec. Gedangan Kab. Malang.

Menurut Kapten Cba Wakit Tohari selaku Danramil 0818/31 Gedangan, penanaman mangrove tersebut dalam rangka penghijauan di bibir pantai serta merupakan bentuk kepedulian TNI terhadapan lingkungan untuk pecegahan abrasi laut. Sekitar 100 bibit pohon mangrove ditanam di lahan seluas ± 300 M³ di sekitar Pantai Wonogoro

 

“Aksi penanaman mangrove ini bertujuan untuk menjaga garis pantai atau bibir pantai. Ribuan bibit mangrove tersebut nantinya dapat melindungi dari abrasi,” ujarnya.

Danramil berharap bahwa program ini akan berkontribusi pada pembangunan berkesinambungan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan untuk generasi mendatang.

“Semoga program ini dapat menumbuhkan inisiatif warga sekitar untuk melestarikan dan melindungi hutan mangrove yang telah ditanam bersama, dan memberikan edukasi generasi muda untuk mencintai lingkungan sekaligus melestarikan mangrove di wilayah Kecamatan Gedangan,” harapnya

Kegiatan ini di awali dengan penyerahan bibit magrove dari Danramil 0818/31 Gedangan kepada Perhutani dan pengelola pantai Wonogoro secara simbolis serta di lanjutkan penanaman pohon magrove secara serentak.

Turut hadir dalam kegiatan ini Danramil 0818/31 Gedangan, Mantri Perhutani Kec. Gedangan, Sekdes Desa Tumpakrejo, BPBD, Personel KSB dan Sibat serta pengelola pantai wonogoro. ( Cbn-Candra)

Share :