screenshot 20240716 220012 1
screenshot 20240716 220016 1
screenshot 1 – 2

Touna, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Ini bicara soal solidaritas empati, persaudaraan dan kemamusiaan yang kentalah. Tentulah ditambah dengan rasa memiliki yang kuat. Sehingga pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari kebutuhan dasar masyarakat, menjadi tanpa mengenal waktu dan tempat.

Itulah yang dilakukan Kapolsek Tojo, Polres Tojo Unauna (Touna), Polda Sulawesi Tengah (Sulteng), Iptu Jefri Hendrik Tania S.K.M., M.H.

Selasa (16/7/2024), Kapolsek menggelar sunatan dan pengobatan gratis. Tempatnya, di Puskesmas Uekuli pada jam 14.30 wita.

Giat sunatan dan pengobatan gratis itu, dilakukan Kapolsek Tojo kepada salah satu anak warga Desa Uekuli, atas nama Rafkhal Syidi N.Patau umur 10 tahun. Satu orang lagi yang mendapat pelayanan kesehatan gratis, adalah seorang warga Suku Wana.

Kapolsek Tojo Iptu Jefri Hendrik Tania S.K.M, M.H mengatakan, kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa sunatan gratis kepada masyarakat Desa Uekuli dan warga Suku Wana, dapat terlaksana atas kerjasama Tim Medis dari Puskesmas Uekuli dan seluruh jajarannya. “Disokong penuh anggota Polsek Tojo, Babinkabtibmas Desa Uekuli Bripka Oksem Hebrison serta Babinkabtimas Desa Betaua Bripka Jabar Abu.” ujarnya.

Menurut Kapolsek Tojo, kegiatan Baksos sunatan gratis kepada masyarakat ini pertama kali terlaksana. Efektifnya, berjalan satu bulan lebih, sejak Iptu Jefri Hendrik menjabat sebagai Kapolsek Tojo.

Kegiatan Baksos pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sebut Jefri, tidak hanya sampai disitu. “Melainkan akan terus dilaksanakan dengan bekerja sama dengan pihak Tim Medis Puskesmas Uekuli,” ungkapnya.

Memang menjadi satu catatan bahwa Kapolsek Tojo boleh dibilang bukan orang baru di Touna dan di jajaran Biddokes Polda Sulteng.
Setidaknya, dalam rentang waktu 2004 hingga 2022 — ia telah banyak menorehkan prestasi pada pelayanan kesehatan masyarakat. khususnya dalam pelayanan kesehatan di Biddokkes Polda Sulteng.

Diketahui bahwa Rafkhal Syirdi N. Patau, adalah murid SDN Uekuli. Beralamat di Dusun 4 Desa Uekuli, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Sulteng.

Pada hari yang sama — seperti yang sudah dipapar diawal — Kapolsek Tojo juga memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Suku Wana, Uelamba Dusun 4 Uekuli. Bahkan, pelayanan kesehatan tersebut diberikan plus, melalui antar jemput dengan kendaraan dinas Patroli Polsek Tojo, Polres Touna.

Warga Suku Wana tersebut, diketahui bernama Toyo. Umur 58 tahun. Saat ini Toyo dirawat inap di Puskesmas Uekuli, guna pelayanan kesehatan lebih lanjut.
Baksos personel Polsek Tojo sendiri, bekerjasama dengan pihak Puskesmas Uekuli Kecamatan Tojo. “Ya, diupayakan akan senantiasa terus dapat terlaksana dengan baik di masa – masa akan datang,” demikian tutur Kapolsek Tojo Jefri Hendrik Tania S.K.M , M.H.* dar

selain kebutuhan dasar lainya – pada umumnya berbicara kesehatan, bagi masyarakat akan mengunjungi dokter ataupun tenaga medis di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat Guna melakukan pengobatan atau antisipasi dini terhadap gangguan kesehatan.

Share :