screenshot 20240802 064423 1

Kotabaru, Kalsel – 
Cakrabhayangkaranews.
com (CBN) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melaksanakan pemusatan pendidikan dan latihan (Pusdiklat) untuk 32 orang calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) untuk HUT RI ke-79 tahun 2024, di Kotabaru.

Pusdiklat secara resmi dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H.Minggu Basuki, Selasa 30-07-2024 di Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan dalam kata sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Kotabaru, “Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat pada seluruh rangkaian peroses seleksi Paskibraka, Khususnya, kepada jajaran pelatih, baik TNI dan Polri yang membina, membimbing serta melatih peserta Paskibraka, juga kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra.

screenshot 20240802 064419 1
screenshot  2

Rangkaian kegiatan puskibraka yang diselenggarakan mulai dari seleksi pemusatan Diklat, sampai pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera pusaka merupakan mata rantai yang tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lain, ungkap Minggu Basuki.

Lanjut Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, H.Minggu Basuki, “Diharapkannya, para calon Paskibraka mampu menunjukkan kualitas sebagai insan yang terpilih, beretika, berbudi pekerti yang baik serta memiliki wawasan kebangsaan dan berkarakter Pancasila. Kesemua hal tersebut, akan dibuktikan selama kalian mengikuti pendidikan dan latihan ini,” jelas Minggu Basuki lagi.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) , Malinda Ratna Agustina menjelaskan, Pusdiklat ini diikuti sebanyak 32 orang pelajar siswa-siswi SMA dan sederajat dalam Kabupaten Kotabaru akan menjalani karantina selama 20 hari.

screenshot 20240802 064426 1
screenshot 3

Untuk kriteria para pelajar, ini sudah tertera didalam aplikasi transparansi Paskibraka merupakan keseragaman pemerintah pusat dari BPIP RI. Baik itu tentang tinggi badan dan berat badan, segi wawasan kebangsaan, Pancasila, mentalitas serta stamina.

Kepala Badan Kesbangpol menambahkan, untuk pelatih bekerjasama dengan Forkopimda Kotabaru, Pelaksanaan Upacara kemerdekaan RI yang ke 79 di kantor Bupati Kotabaru di Sebelimbingan. Dalam kesempatan rangkaian kegiatan tersebut itu nantinya akan dilakukan penyematan tanda peserta calon Paskibraka tahun 2024, kepada 2 orang peserta secara simbolis yaitu, Revina Reskyta Fitri dari SMA 2 Kotabaru dan Mulya Aji dari SMA 1 Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan,” tutup Kadis Kesbangpol Kotabaru.* syf

Share :