Malang-Batu – Jawa Timur, Cakrabhayangkaranews.com – Pada Semester I ini, Kodim 0818/Malang-Batu di bidang Staf Ter melaksanakan kegiatan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Pembinaan Teritorial (Sisrendal Binter) dalam rangka Pertahanan Negara yang solid dan tangguh yang di laksanakan di Aula Makodim 0818/Malang-Batu Jl. Panji No.11 Kepanjen Kab. Malang. Jumat (17/03)

Dalam pelaksanaannya Sisrendal Binter TA 2023 kali ini dibuka oleh Dandim 0818/Malang-Batu yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Aditya Lian Mahardika, diikuti oleh para Danramil dan Perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0818/Malang-Batu.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodim 0818/Malang-Batu mengatakan, Pertahanan Indonesia disusun dalam suatu sistem pertahanan semesta untuk mencapai tujuan nasional. Pertahanan semesta pada hakikatnya adalah suatu pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara sesuai peran dan fungsinya. TNI AD sebagai alat pertahanan negara memiliki kewajiban untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui Pembinaan Teritorial sesuai dengan Doktrin Kartika Eka Paksi.

Pembinaan Teritorial oleh TNI AD dilaksanakan dalam upaya menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan yang memerlukan sinergitas antara Satuan Komando Kewilayahan dengan Pemerintah Daerah guna menyelaraskan aspek pertahanan dan aspek yang lain sesuai kepentingan Pemerintah Daerah serta menciptakan kemanunggalan Tni dengan Rakyat

Setelah sambutan Dandim yang dibacakan Kasdim saat pembukaan kegiatan Sisrendal Binter, maka tiba pada acara intinya yakni pemberian materi yang disampaikan oleh para narasumber dari Perwira Kodim 0818/Malang-Batu.

Share :