CBN, Pasuruan – Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik prajurit Kodim 0819/Pasuruan melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik I tahun 2023 yang dilaksanakan di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan. Jum’at(19/05/23)

Tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD Khususnya Kodim 0819/Pasuruan sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok ke depan dapat berjalan lancar dan maksimal.

Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak, S.T mengatakan “Garjas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan fisik prajurit dengan harapan seorang prajurit selalu dalam kondisi sehat sehingga dapat menunjang tugas pokok sehari-hari,” kata Dandim.

“Namun jangan lupakan seiring berjalannya waktu usia kita sudah tidak muda lagi, tetap perhatikan faktor keamanan personil jangan memaksakan diri, lakukan garjas ini sesuai dengan kemampuan, keselamatan prajurit lebih utama,” pungkas Dandim.

Adapun Garjas meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 Menit, dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan pull up, sit up, push up, dan lunghes durasi waktu 1 menit, serta shuttle run.Selain itu, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan dari Polkesdim 0819/Pasuruan, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes Garjas.

Share :