=Foto Kegiatan Safari Kantibmas=

CBN, Bolaang Mongondow Timur  – Polres Bolaang Mingondow Timur Provinsi Sulawesi Utara (5/7/2023) melaksanakan kegiatan safari kantibmas yang dirangkaikan dengan kegiatan Jumat Curhat di wilayah hukum Polsek Tutuyan.

Giat tersebut dipmpin langsung oleh Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi, S.I.K., M.Tr.Opsla.

Adapun sasaran kegiatan Jumat Curhat yaitu Perangkat Desa, Warga Desa Tutuyan, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. Dalam kesempatan itu sejumlah warga menyampaikan keluhan sekaligus pertanyaan mereka sebagaimana yang disampaikan oleh Marsela Tandayu terkait adanya balap liar di jalur 2 Desa Tutuyan. Dalam kesempatan itu Kapolres langsung memerintahkan kepada Kasat Samapta untuk melakukan kegiatan patroli secara rutin di tempat yang digunakan sebagai jalur lintasan.

Demikian juga keluhan yang disampaikan oleh Melki Purukan terkait musim panen Cengkih, dimama sering kali timbul masalah, dimana orang yang membeli buah cengkih di Desa Tutuyan sering kali salah memetik buah cengkih milik dari orang lain.

Sehubungan dengan hal tersebut apa yang harus dilakukan pemilik cengkih yang merasa dirugikan, karena diduga adanya pendatang baru buruh pemetik buah cengkih yang tidak melaporkan diri ke pemerintah desa. Menurut Kapolres hal tersebut dapat dilaporkan kepada pihak kepolisian, karena itu merupakan pencurian. Karena tidak menutup kemungkinan, hal yang dilakukan oleh pembeli buah cengkih tersebut dilakukan dengan sengaja.

Terkait hal itu, Kapolres meminta Pemerintah Desa agar proaktif mengecek pendatang baru dan diwajibkan melapor 1×24 jam, sekaligus Kapolres menyampaikan agar dapat dilaporkan apabila ada masalah di tengah-tengah masyarakat, dan tidak melibatkan masyarakat banyak yang berisiko menimbulkan masalah semakin meluas atau menjadi besar, terang Kapolres.
Pertanyaan kemudian disampaikan oleh Bisman Molantong terkait pakah sudah ada aturan tentang penggunaan sepeda listrik yang beresiko membahayakan keselamatan anak-anak yang mengendarai sepeda listrik tersebut.

img 20230707 wa0042
img 20230707 wa0042

Kapolres menjawab bahwa sudah ada aturannya yang mengatur penggunaan sepeda listrik, dan tidak dibenarkan untuk dipergunakan di jalan umum dan hanya diperbolehkan di kendarai dilapangan terbuka. Selanjutnya aturan tersebut mengatur bahwa yang diijinkan untuk menggunakan sepeda listrik tersebut minimal 12 Tahun.

Dan sala satu pertanyaan juga yang tidak kala menariknya disampaikan oleh Hidin Paputungan dimana dalam kesempatan itu dirinya mempertanyakan menyangkut masi adanya hewan berupa sapi yang masih berkeliaran di perkebunan, dan seringkali hewan sapi tersebut merusak tanaman dari pemilik kebun yang ada di sekitarnya.

Dan selanjutnya apabila terjadi masalah seperti itu, hambatan yang sering dialami pada saat menyelesaikan masalah yaitu pemilik hewan tidak mau melakukan ganti rugi walaupun sudah ada surat pernyataan di pemerintah Desa. Terkait pertanyaan itu, menurut Kapolres bahwa hewan seharusnya diikat dan dikandangkan sehingga apabila ada hewan yang dilepas dan berkeliaran sembarangan sehingga merusak tanaman orang lain, pemilik hewan itu harus atau wajib melakukan ganti rugi atas tanaman yang rusak. Dan dalam prosea penyelesaiannya agarmasyarakat dan pemerintah Desa dapat melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa sehingga masalah ganti rugi dapat diselesaikan sampai tuntas, jelas Kapolres.

Hadir dalam kegiatan safari khantibmas dan Jumat Curhat diantaranya Kapolres Boltim AKBP. Sugeng Setyo Budhi, SIK. M.Tr.Opsla, Kabag SDM Kompol Sainudin, Kasat Binmas AKP. Sriyono, Kasat Res Narkoba Ahmad Bastari, Kasat Samapta AKP. Sujianto, Kasium Polsek Tutuyan AIPDA. Irwan Mokoginta dan sejumlah aparat aparat lainnya sepwrti Kasi Pemerintahan Masri Manangin, Kasi PMD Indarwan Lolangion, Kasi Pelayanan Umum Sarlis Mokodompit, Anggota Polsek Tutuyan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Warga Desa Tutuyan.
Dalam kesempatan itu Aparat Desa bersama warga masyarakat Desa Tutuyan mengapresiasi kehadiran Polres dalam kegiatan Safari Kamtibmas yang dirangkaikan dengan kegiatan Jumat Curhat ini, sehingga masyarakat bisa menyampaikan harapan dan keluhan secara langsung kepada Polres Boltim.

Masyarakat sangat mengharapkan kegiatan ini dapat terus berlangsung sehingga kehadiran Polri ditengah masyarakat dapat terlihat setiap saat. (Pusran Beeg)

Share :