Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Aula Kantor Camat Tojo

Tojo Una-una, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi II Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan kerja sama dengan PT. Wana Rindang Lestari (WRL). Ini terkait pembentukan dan bimbingan pelatihan terhadap Organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA). Kesepahaman itu disepakati pada acara bersama yang digelar di Aula Kantor Camat Tojo, (23/8/2023).

Kegiatan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA), berlangsung dua hari berturut-turut. Mulai hari ini, 23 hingga 24 Agustus besok. Peserta dipermantap dengan teori dan praktik tentang tindakan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Penegasan yang disampaikan Kepala Seksi Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi II Palu, Solu Batara S.Hut, MH kepada peserta MPA menyebut bahwa berdasarkan siaran pers kepala BMKG pada tanggal 21 Juli 2023 di Jakarta perihal fenomena El Nino, inilah salah satu alasannya.

screenshot 20230823 122918 1
El.Nino adalah sebuah perubahan iklim ekstrem yang bisa mengakibatkan kekeringan dan kemarau panjang hingga bulan Oktober tahun 2023. Fenomena El Nino juga berpeluang berlangsung hingga Februari 2024 dan memicu kenaikan suhu melebihi rekor El Nino kuat terakhir pada awal 2016. Berdasarkan data Karhutla Provinsi Sulteng tahun 2023, potensi tersebut bisa terjadi sehingga perlu diwaspadai. Juga, sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan, maka perlu upaya-upaya maksimal untuk mencegah terjadinya Karhutla. Artinya, kegiatan pencengahan kebakaran hutan dan lahan, menjadi hal yang utama untuk dilaksanakan .

Camat Tojo Sudarto Palakana, SE dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan terbentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA), di wilayah Kecamatan Tojo dan Kecamatan Ulu Bongka, diharapkan menjadi garda terdepan dalam tindakan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ia juga menekankan kepada Masyarakat Peduli Api, (MPA), yang kini telah terbentuk agar senantiasa membangun komunikasi dengan Pemerintah Desa, Kecamatan, TNI – Polri serta instansi terkait. Guna terlaksananya tugas dan tanggung jawab yang diemban.

screenshot 20230823 122922 1
Sementara Danramil 14 – 07 Tojo, Peltu Adi Nurhidayat dalam arahannya menyampaikan terkait pengendalian dan tindakan pencegahan Karhutla, ia telah menyiapkan 7 personel untuk ikut serta patroli Karhutla di Pos Polsek Tojo. Diapun menekankan untuk pembukaan lahan pertanian dalam tahapan masuk musim tanam saat ini, hendaknya tidak membakar lahan pertanian. Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau. Tentu hal ini sebagai tindakan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah kecamatan Tojo dan Kecamatan Ulu Bongka.

Dengan terbentuknya Masyarakat Peduli Api di dua wilayah kecamatan — yakni Kecamatan Tojo dan Kecamatan Ulu Bongka — Danramil Tojo Peltu Adi Nurhidayat mengharapkan — agar dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.* dar

Share :