Ngawi, CBN – Komandan Kodim 0805/Ngawi, Letkol Arm Didik Kurniawan S.I.P., bersama jajaran Forkopimda, menghadiri kegiatan apel, dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Ngawi. Kegiatan ini dilakukan di KPH Begal, Kecamatan Kedunggalar, Rabu (30/08/2023).

Kegiatan apel bersama ini digelar dalam rangka pengecekan pasukan, serta sarana dan prasarana, yang nantinya digunakan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla.

img 20230830 wa0106

Alasan dipilihnya tempat KPH Desa Begal ini, karena, tempat ini adalah daerah yang rawan terkena resiko kebakaran hutan. Di mana, faktor pemicu terjadinya kebakaran tersebut, adalah pembakaran lahan perkebunan, dengan cara dibakar secara tak terkendali. Sehingga, hal itu memberikan dampak berupa kebakaran lahan hutan jati.

Pada kesempatan ini, Dandim 0805/Ngawi, Letkol Arm Didik Kurniawan, mengungkapkan bahwa, dengan adanya kegiatan apel bersama ini. Beliau berharap, agar TNI-Polri dan semua instansi, dapat menggerakkan seluruh sumber daya dan kemampuan mereka, dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah Kabupaten Ngawi.

Ia juga menyampaikan bahwa, dalam upaya penanggulangan bahaya karhutla di wilayah Kabupaten Ngawi, Kodim 0805/Ngawi dan jajarannya akan terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla, serta menyiapkan alat peralatan pendukung guna menunjang aksi pemadaman.

img 20230830 wa0103

Pada kesempatan ini, Dandim juga menyampaikan penanggulangan bahaya karhutla. Hal ini disampaikan melalui kalimatnya. 

“Untuk melakukan penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan. Maka, diperlukan adanya langkah nyata dari semua stakeholder yang terlibat, baik itu Pemerintah Daerah, TNI-Polri, Swasta, dan seluruh masyarakat wilayah Kabupaten Ngawi,” pungkasnya.

Pudi – Pendim (0805)

Editor: R.A – CBN

Share :