Rangkaian kegiatan Apel Satkamling  2023 Kota Malang

Malang – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) –Mengacu pada Perpol. No. 4 tahun 2020 tentang Pamswakarsa, kini pos kamling, menjadi Satkamling atau Satuan Keamanan Lingkungan.

Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H. M.Han, menghadiri Apel Satkamling dan Penyerahan Thropy Juara Lomba Satkamling Tahun 2023. Bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto, S.I.K.,M. Si, Komandan Apel Kasat Tahti Polresta Malang kota AKP M Socip diikuti sekitar 150 peserta apel.

Apel digelar, di Halaman Polresta Malang Kota Jl. J. A Suprapto Kecamatan Klojen, Kota Malang, Rabu (21/6/2023).

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan pimpinan apel Kapolresta Malang Kota menyampaikan, “Selaku Kepala kepolisian Republik Indonesia Saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran serta seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya apel Satkamling. Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya konkret untuk mempercepat Satkamling.”

Semoga harap Kapolri, kegiatan ini memberikan semangat dan optimalisasi unsur kepolisian guna memelihara ketertiban masyarakat

Situasi Kamtibmas yang kondusif sebut Kapolri, sangat menentukan terselenggaranya pembangunan nasional yang membutuhkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika harus dihadapi. Terutama, dengan mengedepan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. “Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagi upaya keamanan lingkungan dan hal ini sejalan dengan tujuan polri yang presisi,” kata Kapolri dalam amanatnya.

screenshot 20230622 061751 1
Soliditas TNI-POLRI, kompak dan sinergi

Lanjut, dengan hadirnya Satkamling, diharapkan keamanan dan ketertiban berjalan secara maksimal. Oleh karena itu kehadiran Satkamling dapat membantu dan mampu memberikan potensi-potensi, pencegahan dan pendidikan Pam Swakarsa secara cepat.

Oleh karena itu, solidaritas adalah kunci utamanya. Selain itu, Satkamling harus senantiasa bersinergi dengan TNI dan Polri dalam membangun kepentingan lainnya. Sehingga, peran serta Satmling dapat berjalan dengan optimal.

screenshot 20230622 062024 1
Dandim menyapa masyarakat

Kehadiran Satkamling sendiri, harus bisa menjadi body system, jangan ada yang berpecah belah karena perbedaan. “Persatuan dan kesatuan bangsa adalah yang utama dan harus dipertahankan serta harus hadapi bersama,” tutup Kapolri.

Sementara Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han mengapresiasi keberadaan
Satkamling sebagai satuan pengamanan swakarsa untuk membantu Polri dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat pada lingkungan atau lingkup tugasnya.

screenshot 20230622 061736 1
Dandim berharap, Satkamling bisa menjaga lingkungan dan wilayah masing-masing serta menjadi polisi bagi diri sendiri dalam memberi pengayoman, perlindungan, keamanan di wilayahnya.

Dandim menambahkan, kepolisian sudah memberikan dukungan kepada Satkamling berupa edukasi kepada petugas Satkamling untuk menjaga lingkungannya dalam mengurangi tindakan kriminal,” ujar Letkol Kav Heru Wibowo Sofa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut selain Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto,S.I.K.,M.Si, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han, juga Wakapolresta Malang Kota AKBP Apip Ginanjar,S.I.K,.M.Si,
Walikota Malang Drs.Sutiaji. Hadir pula Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Kartika, Jajaran Kapolsek Polresta Malang Kota dan PJU Polresta Malang Kota.* rus

Share :