Foto atas berbuntut ke bawah : Api yang membakar lahan di Tayawa dan upaya Tim Gabungan Satgas Siaga Manggala Agni Pos Tojo berjibaku di lapangan

screenshot 20231010 164628 1
Kapolsek Tojo AKP. Murlan Tarifuddin – Pimpin apel dan briefing tim gabungan Satgas Siaga Karhutla Pos Tojo, sebelum turun ke lokasi 

laporan : darmasita s – kabiro cbn tojo una-una sulawesi tengah

Hingga berita ini tayang, api yang membakar lahan di Dusun 4 Kamu Ra’a, Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Sulawesi Tengah (Sulteng), masih terus berusaha dijinakkan. Tim gabungan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Satgas Siaga Pos Tojo terus berjibaku di ketinggian. Tim Pengandalian dan Operasi (Dalops) Manggala Agni Malili II Pos Tojo yang dikomandani Saepul, biback up full Kapolsek Tojo AKP. Murlan Tarifuddin bersama jajaran dan Danramil 1307 – 04 Tojo Peltu Adi Nurhidayat didukung personel mendapat, serta sokongan penuh pemerintah setempat bersama masyarakat Tayawa untuk bahu membahu menjinakkan kobaran “si jago merah”.

Dari lokasi Kapolsek Tojo AKP. Murlan Tarifuddin dan Daramil 1307 – 04 Tojo Peltu Adi Nurhidayat melaporkan bahwa api yang kemarin diperkirakan telah menghanguskan kurang lebih 32 Ha lahan, kemungkinan sudah lebih dari itu. Tapi vakupannya belum bisa dipastikan. Masih sekitaran di Dusun 4 yang cukup luas dan belum merambah ke lain tempat.

screenshot 20231012 123917 1

screenshot 20231012 123519 1
Danramil 1307 – 04 Tojo Peltu Adi Nurhidayat jelang menuju lokasi dan rehat sejenak sebelum  mengkoordinir lanjutan pemadaman bersama tim gabungan

Kapolsek Tojo AKP. Murlan Tarifuddin kepada CBN menyebutkan bahwa wulilayah yang terbakar masih tudak jauh-jauh dari seputaran Diusun 4. Wilayah itu memang cukup luas dan sejak terjadi kembaran kemarin petang, api masih menyala. Murlan menyebutkan, seluruh personel tim terpadu Karhutla Siaga Pos Tojo, terus berupaya memadamkan api yang melalap kawasan Dusun 4 Desa Tayawa Kecamatan Tojo itu.

Sementara Danramil 1307 – 04 Tojo Peltu Adi Nurhidayat dari lokasi kebakaran Dusun 4 Kamu Ra’a — hingga sore kemarin hingga jelang malam — terus menga update kondisi terkini via WatsApp atas usaha penjinakan si jago merah oleh tim terpadu hingga tayangnya berita.

screenshot 20231012 124430 1
Pantang menyerah – Gabungan tim tak patah semangat

Ya, sejak kemarin sore, api masih sulit dikendalikan. Hingga diperkirakan luas areal yang terbakar saat sudah bertambah dari sekitar 32 Ha, dalam kawasan yang sama. “Musim kemarau panjang yang terjadi saat ini, memang mengakibatkan kekeringan hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan sewaktu-waktu dapat saja terjadi, dan kali ini memang telah terjadi di Dusun 4 Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna,” kata sumber CBN dari
lokasi.

CBN mencatat dan mereview kembali runtut kebakaran Rabu kemarin (11/10/2023) jam 14.43 wita. CBN menerima pesan WhatsApp dari Tim Siaga Manggala Agni Daops Sulawesi II Malili Pos Tojo yang mengabarkan, telah terjadi peristiwa kebakaran di Desa Tayawa, Kecamatan Tojo.

screenshot 20231012 124433 1
Urung Pulang” sebelum padam

Manggala Agni Pos Tojo langsung menuju lahan kebun masyarakat yang diketahui dilalap sijago merah. Kabar yang diterima Tim Siaga Manggala Agni Pos Tojo, berdasarkan laporan dari personel jaga Satpol PP setempat.

Bahwa kebakaran terjadi di lahan kebun masyarakat namun tidak terdapat sumber air. Karena itu, ketika menuju lokasi kebakaran Tim Manggala Agni dan TNI – POLRI melakukan pengisian 8 buah pompa punggung atau Jeetshoter untuk digunakan dalam pemadaman dengan tehnik pemadaman langsung. Ini, agar kebakaran diupayakan agar tidak bertambah luas.

Pemadaman terus dilakukan. Namun, api terus menjalar lebih luas dari lahan kebun masyarakat, meskipun di beberapa titik api telah berhasil dijinakkan.

screenshot 20231012 123522 1
Tim berusaha terus menjinakkan api

Tim Manggala Agni Daops Sulawesi II Malili – Pos Tojo menerima laporan kebakaran tersebut — seperti sudah dipapar diawal — dari Satpol PP sekitar jam 11.30 wita. Lalu, bersama TNI – POLRI tim gabungan kemudian berupaya untuk memadamkan api. Tetapi — ya begitulah — tim gabungan harus terkendala medan atau topografi serta kondisi hari yang sudah mulai gelap kemarin. Maka, sementara waktu tim gabungan kembali ke Pos Siaga Karhutla di Mako Polsek Tojo. Tetapi siang ini kembali aktif, dan terus “memukul” api yang masih menyala agar bisa secepatnya padam.* j

Share :