Malang, CBN – Sebagai upaya untuk membentuk karakter dan menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda,  Personel Koramil 0833/05 Lowokwaru, yakni Peltu Agus Wibowo, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa SMKN 5 Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan basket SMKN 5 Malang, Jl. Ikan Piranha Atas, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jum’at (18/8/2023).

img 20230818 wa0020

Dalam kegiatannya, Peltu Agus Wibowo mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter para generasi muda, untuk lebih mencintai budaya timur mereka. Sehingga, mereka dapat menjunjung tinggi adat istiadat yang berlandaskan Pancasila.

Tak hanya itu, Beliau juga memberikan penegasan bahwa, kegiatan ini adalah salah satu cara yang dilakukan untuk melatih kedisiplinan mereka. Hal itu dijelaskan melalui kalimatnya. 

“Kegiatan ini digunakan sebagai upaya untuk melatih kedisiplinan dan mencegah terjadinya kenakalan remaja. Tak hanya itu, kegiatan ini juga digunakan untuk memberikan pelatihan mental dan fisik kepada siswa dan siswi, dalam membentuk mental dan karakternya, agar semakin baik dan kuat,” jelasnya.

img 20230818 wa0019

Menurutnya, dengan adanya landasan kedisiplinan dan ketekunan yang kuat di dalam diri generasi para pemuda. Maka, hal ini akan menciptakan anak bangsa yang berjiwa Pancasila dan berlandaskan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Danramil 0833/05 Lowokwaru, yakni Kapten Czi Fathor Rohman, saat ditemui di sela-sela tugasnya, menegaskan bahwa, para Babinsa telah memberikan materi pembinaan wawasan kebangsaan, untuk membentuk karakter generasi muda.

Disamping itu, Beliau juga menegaskan bahwa, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI tidak sekadar melakukan operasi militer perang saja, tetapi juga operasi militer selain perang, yaitu,  memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

img 20230818 wa0017

“Kami akan berusaha untuk mempersiapkan generasi muda yang siap dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang,” tuturnya.

Tak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini, Beliau berharap agar para siswa-siswi SMKN 5 Malang ini memiliki akhlak dan budi pekerti, serta agama yang kuat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 5 Malang, yakni Bp. Cone  menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dari Koramil Lowokwaru, yang telah bersedia meluangkan waktunya menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut. Beliau juga memberi penjelasan singkat mengenai para peserta didik yang mengikuti acara tersebut. 

”Dalam pelaksanaannya, anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dan dari sini juga, mereka lebih mengerti, bagaimana cara untuk lebih mencintai tanah air,” tuturnya.

Cdr – CBN

Editor: R.A 

 

Share :