oleh

Back to Basics Pemasyarakatan, Tim Satops Patnal lakukan Pengawasan terhadap Kepatuhan Pegawai untuk tidak menggunakan handphone didalam area Lapas

Jakarta, Cakrabhayangkaranews.com- Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) lakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program getting to zero Halinar di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang. Kegiatan yang merupakan Langkah antisipasi yang dilaksanakan secara rutin, terukur, sistematis dan transparan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam lembaga pemasyarakatan. Ungkap Haryoto selaku Ketua Tim Satops Patnal lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang yang memimpin langsung kegiatan sidak dan pengawasan yang menyasar pegawai dalam kepatuhanya untuk tidak menggunakan alat komunikasi berupa handphone di dalam area Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang.

“Penggunaan handphone hanya diperbolehkan di area Gedung 1 dan luar area Lapas, Tidak hanya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), penggunaan HP di area dalam Lapas juga dilarang bagi seluruh petugas yang bekerja dan melakukan kegiatan diarea dalam Lapas” ungkap Haryoto selaku Ketua Satops Patnal.

Darwin Ari salah satu staff Seksi Registrasi mengatakan “sekarang kami sudah terbiasa untuk tidak menggunakan handphone saat bekerja, kami bisa lebih fokus dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari-hari. Apabila ingin berkomunikasi dengan keluarga ataupun rekan kerja dari ruangan lain saya menggunakan telepon (fixed telephone) yang sudah tersedia disetiap ruangan sehingga kami merasa tidak terhalang akan kebutuhan dalam berkomunikasi”, ungkapnya.

Program pelarangan masuknya handphone kedalam area Lapas Kelas I Cipinang bagi penghuni dan pegawai merupakan gebrakan Kepala Lapas Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan dalam menyatakan perang terhadap peredaran Narkoba di dalam Lapas yang juga merupakan salah satu prinsip dasar pemasyarakatan dalam program back to basics pemasyarakatan yang saat ini tengah gencar dilaksanakan oleh seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia. Program ini tidak sekedar ramai diawal dengan pencanangan ataupun deklarasi tapi juga terus dilakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi atas implementasinya dilapangan, ujar Tonny.

Kegiatan Sidak berjalan tertib dan dilakukan secara menyeluruh baik memeriksa ketersediaan lemari penyimpan handphone yang sudah disediakan di area pintu pengaman utama, dan dilanjutkan memeriksa kepatuhan pegawai Lapas Kelas I Cipinang disetiap Bidang mulai dengan area Gedung II, III, dan juga area Balai Latihan Kerja yang gedungnya terletak dipaling pojok area Lapas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed