Pangkalpinang, Cakrabhayangkaranews.comKejuaraan Nasional Bola Basket (Kejurnas) U – 15 Resmi dibuka dengan penampilan beberapa pertunjukan budaya tradisional khas provinsi Babel, yang berlangsung di GOR BMNL,Jalan Air Salemba, Kota Pangkalpinang, Sabtu, 07/01-2023.

Penyajian pertunjukan Barongsai dari sanggar saudara, binaan Leo Valentino ( achiang ), dan Cak macak ethnic ensembel featuring sanggar Rumpun Pingkong, binaan Istri Walikota Pangkalpinang, Monica Haprinda membuat tertegun para hadirin, bahkan peserta dan Oficial dari provinsi peserta Kejurnas.

Selanjutnya pembukaan diawali sambutan ketua pelaksana Kejurnas dari PB.Perbasi Pusat Ratana Arya, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Kota Pangkalpinang, yang dengan berbagai persiapan sehingga Kejurnas Bola Basket U – 15 dapat terlaksana pada malam ini.

Ratana Arya juga berpesan kepada peserta Kejurnas bahwa penyelengaraan Kejurnas ini merupakan Bekal kepada pemain muda secara atitude, dalam Kejurnas ini diharapkan disiplin dan sportifitas harus dijaga.

Tak lupa kepada Walikota Pangkalpinang dan Jajaran serta Perbasi Provinsi babel, Ratana Arya menginggatkan agar menjadikan Kejurnas ini sebagai bentuk pembekalan Atitude, untuk itu dibutuhkan sinergitas pembinaan pemain Basket yang dimulai dari tingkat provinsi, Kota, Orang tua, bahkan pelatih.

” Tentunya ini sebagai sinergitas pembinaan pemain basket dari propinsi maupun kota, bahkan org tua sampai pelatih,” pungkas Ratana Arya.

Mengakhiri sambutannya, Ratana arya juga berpesan kepada para pemain agar tunjukan sportifitas, jadikan turnamen ini pengalaman yang berharga, tidak semua orang baik bisa jadi atlet bahkan sebaliknya tidak semua atlet bisa menjadi orang baik, tutup Ratana Arya.

Pada kesempatan yang sama Walikota Pangkalpinang, dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran dam semua pihak yang sudah membantu, sehingga pembukaan Kejurnas Bola Basket U – 15 dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

Sebagai informasi juga Molen menyampaikan terkait Gedung yang dipakai dalam acara Kejurnas ini merupakan milik masyarakat kota pangkalpinang Hendri Lun yang dipinjam Pemkot,
Molen sangat berterima kasih kepada Hendri Lun atas partisipasi dan dukungannya.

Walaupun tempat diadakan kejurnas tidak semegah gedung olah raga di lain provinsi, Molen dengan kerendahan hati berharap agar kedepannya propinsi babel khususnya Kota Pangkalpinang akan memiliki gedung olah raga setingkat dengan provinsi lainnya.

” Gedung basket disini mgkin tidak sebesar propinsi lain, tapi kami pingin olah raga basket di babel akan besar, kedepan kiranya babel dapat memiliki gedung bola basket yang setara nasional, ” harap Molen.

Selamat bertanding, kepada para peserta, segala kekurangan maupun kelebihan saya memohon maaf.

Dilanjutkan dengan sambutan
staf ahli Bidang Hukum Kemenpora RI, yang menyampaikan permohonam maaf atas ketidakhadiran Menpora karena ada kegiatan lain sehingga diwakilkan.

Samsudin melanjutkan bahwa Menpora sangat bangga dan mengapresiasi Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil yang sudah bersedia melaksanakan even tingkat Nasional di Provinsi Babel.disela – sela penyampaiannya, Samsudin menyampaikan sesuai amanah presiden, yang mana olaraga harus di revolusi dan harus diperbaiki total.

Kami dari kementrian Olah Raga bangga karena Kota pangkalpinang siap mengadakan even nasional, di semua cabang olah raga luarbiasa, ungkap samsudin.

Lanjut Samsudin lagi, Bola basket termasuk industri olah raga terbesar selain sepak bola, jadi dengan adanya even – even Nasional yang di laksanakan di Kota Pangkalpinang, tidak tutup.kemungkinan akan terjadi perubahan peningkatan bagi para pedagang.

Diakhir sambutannya Staf Ahli Bidang Hukum Kemenpora RI menutup sambutannya dengan melantunkan Pantun ,

” Pohon kelapa, pohon aren, minuman enak saat dahaga , Kota Pangkalpinang semakin keren karena ada pa walikota yang cinta olah raga”

Pembukaan Kejurnas Bola Basket U – 15 dihadiri juga
Forkopimda prov, Koni, sekdakot, ketum perbasi, bambang patijaya, ibu walikota, sekjen perbasi, koni prov, kejari, dari polres, Kodim, Kalapas, OPD dilingkup Pemkot .

Menandakan resminya dibuka Kejuaraan Nasional Bola Basket U – 15, ditandai dengan pelemparan nola tree poin yang dilakukan Walikota Pangkalpinang H.Maulan Aklil.(Romi)

 

Share :