Keterangan: hasil rekaman CCTV ketika terjadinya Curanmor.

Surabaya, CBN – Tepat pada hari Kamis (03/08/2023), sebuah video CCTV yang berhasil merekam 2 orang bandit pencuri motor Honda Scoopy milik karyawati penjaga konter pulsa, beredar di kalangan warga Surabaya. 

Kejadian itu sendiri terjadi di Jalan Kapas Gading Masya 1 No.14, Dukuh Setro, Tambak sari, Surabaya, sekitar pukul 23.00.

Menurut informasi, video berdurasi 39 detik itu memperlihatkan 2 orang maling yang sedang berboncengan dengan motor jenis “bebek” saat menuju ke lokasi kejadian perkara. 

Pelaku pertama bertindak sebagai joki motor saran aksi, ia memakai pakaian lengan panjang, celana pendek, dan menggunakan helm berwarna merah. Sedangkan, pelaku ke dua bertindak sebagai eksekutor pencurian motor. Pada saat itu, ia memakai kaus oblong hitam, rangkep dengan jaket jeans abu-abu, celana cream, dan helm berwarna biru. 

Pelaku yang bertindak sebagai eksekutor, mulanya berjalan mengendap-endap ke motor sasarannya yang terparkir di teras toko konter pulsa tersebut. Pada saat itu, suasana terlihat sepi. 

Alhasil, dia duduk di atas jok motor, dan segera menghunuskan sebauh alat di genggaman tangannya, yang diduga kuat sebagai kunci T. Jika dihitung berdasarkan durasi waktunya, sang pelaku hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 detik untuk membobol lubang kunci kontak motor tersebut. 

Sementara itu, pemilik motor, yakni Cholilatul Firdaus (23), menyadari keadaan itu ketika dirinya mendengar suara yang menjadi penanda bahwa kunci kontak motornya menyala. Dan di sanalah, dia menaruh kecurigaan atas kejadian itu. Hal itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. 

Alhasil, dia pun segera menuju ke depan konter. Dan dari sana, lah. Dia baru menyadari bahwa motornya telah hilang. Pada akhirnya, dia segera mengecek CCTV. 

Setelah melihat rekaman CCTV, dia mengetahui bahwa motornya sudah raib. Hal ini dia jelaskan melalui kalimatnya. 

“Motor saya berhasil dicuri. Pencurian motor ini dilakukan oleh dua orang bandit, yang berusia sekitar 30 tahun. Sepertinya, pelaku berhasil membobol kunci kurang dari 15 detik,” ucapnya. 

“Kondisi motor sebenarnya sudah dikunci setir, dan alarmnya menyala,” ucapnya pada Senin (07/08/2023). 

Akibat insiden itu, sang korban mengalami kerugian hingga Rp. 25 juta. Tak hanya itu, Cholil juga menuturkan bahwa, dia sudah melaporkan hal ini ke pihak polisi. Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan. Maka dari itu, ia menyebarkannya di media massa. 

Naasnya, motor yang dia punya adalah satu-satunya motor yang dimiliki keluarganya untuk beraktivitas. Dan perlu diketahui bahwa, motor miliknya dibeli dengan cara mengangsur tiap bulan, sejak tiga tahun yang lalu. 

Atas kejadian itu, Cholil mengungkapkan bagaimana cara keluarganya beraktivitas, selama motornya tidak ada. Tak hanya itu, dia juga memberikan himbauan kepada para warga. 

“Selama motor kami hilang. Ayah terpaksa meminjam sepeda motor temannya untuk beraktivitas. Sedangkan, saya mengunakan jasa ojek online untuk pulang-pergi. Atas kejadian ini, saya menghimbau masyarakat untuk segera melengkapi kunci ganda seperti gembok, agar motornya aman,” ungkapnya. 

R.A – CBN

 

 

 

 

Share :