Keterangan: Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim, Gus Fawait

Surabaya, CBN – Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Gubernur Jawa Timur, yakni Khofifah Indar Parawansa, akan mengakhiri masa jabatannya pada 31 Desember 2023 mendatang. 

Alhasil, karena hal itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim, yakni Muhammad Fawait (Gus Fawait), mengusulkan sejumlah kriteria yang tepat, untuk Pj Gubernur Jatim selanjutnya. Beliau juga berharap, agar kompetensi yang dimiliki PJ Gubernur Jatim selanjutnya, tidak berbeda jauh dengan Gubernur Khofifah. 

Sehingga, untuk ke depannya, Jawa Timur bisa dipimpin oleh seorang pimpinan yang melakukan gerakan secara estafet. Beliau juga memaparkan sosok Khofifah yang memiliki banyak prestasi dalam kalimatnya.

“Pencapaian dan prestasi yang dilakukan Ibu Khofifah selama memimpin Jawa Timur itu sangat banyak. Makanya, kami harap, PJ Gubernur Jatim selanjutnya, tak jauh berbeda dengan Beliau. Paling tidak, perbedaannya tipis, gitu. Atau, bisa dibilang, kompetensinya mirip seperti Bu Khofifah,” ungkapnya, Selasa (29/08/2023).

Tak hanya itu, Gus Fawait juga memberikan penjelasan tentang kriteria khusus, yang bisa digunakan untuk memilih Pj Gubernur Jatim selanjutnya. Salah satu kriteria yang bisa digunakan untuk melakukannya, yakni: masyarakat harus bisa menilai, siapa sosok yang memiliki kapabilitas dan kapasitas yang baik.

Tak hanya itu, Beliau juga menambahkan bahwa, sosok Pj Gubernur Jatim selanjutnya, harus merupakan seorang yang kuat. Karena, setelah ini, kita semua akan memasuki tahun politik, tepatnya pada tahun 2024 nanti.

Sehingga, sosok tersebut harus bisa menjaga stabilitas politik di Jatim, karena, hal ini juga bisa berdampak pada ekonomi, dan sektor lainnya.

Sementara itu, Fraksi Gerindra mulai mengusulkan nama-nama yang akan dijadikan sebagai calon Pj Gubernur Jatim selanjut, yang mana diambil dari Komisi A, B, C, D, dan E. 

Nantinya, mereka akan mengusulkan nama-nama tersebut ke pimpinan DPRD Jatim, agar disalurkan ke pemerintah pusat, untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dan pertimbangan. 

Jika diulik kembali, ketika awak media mengamati lingkungan di sekitar Pemprov Jatim, pada Kamis (24/08/2023). Salah satu dari mereka, mengatakan bahwa, ada tiga orang yang berasal dari Pejabat pusat, dan satu orang pejabat eselon I di Pemprov Jatim, yang nantinya akan dijadikan calon PJ Gubernur Jatim selanjutnya. 

“Kalo dari informasi yang berkembang. Empat nama yang akan dijadikan calon Pj Gubernur Jatim selanjutnya, yakni: Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Pak Akmal Malik; Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Pak Agus Fatoni; Sekretaris Jaksa Agung Muda Pidana Militer (Sesjampidmil), Pak Edy Birton; dan Sekdaprov Jatim Pak Adhy Karyono,” ucap salah satu narasumber, yang tidak ingin namanya disebutkan. 

R.A – CBN

Share :