1710447695905

Kotabaru, Kalsel –Cakarabhayangkaranewsom (CBN)Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, SH menginstruksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) segera arahkan alat berat, Kamis (14/03/2024) untuk memaksimalkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Sungup, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru.

TPA yang ada sekarang dinilai masih mampu menampung sampah untuk beberapa tahun mendatang, hanya saja perlu pengelolaannya dengan baik, benar dan rapi, sehingga tidak ada sampah yang berserakan, TPA ditata dengan rapi pula.
“Langkah awal sampah yang menumpuk agar dapat diangkut di Dozer hingga ke ujung batas tanah yang akan dijadikan galian,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, tanah galian yang diperuntukkan mengelilingi TPA agar mudah pengelolaannya. “Tanah galian agar dibuat jalan berkeliling untuk mempermudah akses pembuangan sampah lanjutan,” jelas Sayed Jafar.

Bupati melanjutkan, sesuai laporan Kepala DLH Kotabaru Maulidiansyah,
Luas lokasi TPA saat ini kurang lebih 20 Ha. Lokasi TPA seluas ini yang ada taman jalan masuk dari jalan raya menuju pembuangan sampah agar dapat ditata dengan rapi dan dipercantik. “Ini salah satu cara untuk menambah nilai estetika dari TPA tersebut, ” jelas Bupati lagi.

Kedepan Pemerintah Kabupaten akan melakukan penggalian guna menata dan mendasain lokasi TPA agar mampu menampung secara maksimal. Selanjutnya TPA di daerah Sungup akan dilakukan penggalian tanah untuk.
menimbun dan memuat sampah. Ukurannya 100 kali 120 meter. ‘Diperuntukkan pembuangan sampah lanjutan,” utup H. Sayed Jafar Alaydrus, SH Bupati Kotabaru.* syf

Share :