screenshot 20240616 072005 1

Kotabaru, Kalsel –Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Bupati Kabupaten Kotabaru, H. Sayed Jafar Al-Idrus, SH diwakili Sekda Kabupaten Kotabaru, Drs.H. Said Akhmad, MM. meresmikan Gedung Laboratorium lingkungan milik Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang keberadaannya di Desa Megasari, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kamis, 13-06-2024.

Peresmian Laboratorium Lingkungan ini sekaligus sebagai puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) tahun 2024 di Kabupaten Kotabaru. Kegiatan peringatan puncak HLH sedunia ini, selain dihadiri Sekda Kabupaten Kotabaru, Drs.H.Said Akhmad, MM, juga Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala SKPD, para Camat, jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru. Turut hadir, pelajar SMAN-2 Kotabaru, perwakilan perusahaan, para Kepala Desa, para undangan dan masyarakat Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penandatanganan prasasti, penekanan tombol oleh Forkopimda, pengguntingan pita oleh Sekda Kotabaru, pemotongan tumpeng serta peninjauan Gedung Laboratorium.

Bupati Kotabaru dalam kata sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Kotabaru, Drs.H.Said Akhmad, MM. Said Akhmad mengucapkan selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2024.

Lanjut Sekda, HLH merupakan momentum global untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan dalam melindungi, melestarikan lingkungan hidup dan makhluk hidup dibumi. Peringatan HLH ini menjadi peringatan agar kita selalu memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan. “Melalui peringatan hari lingkungan hidup, saya mengajak kepada seluruh yang hadir disini. Baik perangkat daerah, masyarakat dan berbagai Stakeholder lainnya, untuk bersama sama melakukan upaya upaya nyata dalam melestarikan lingkungan,” jelas Said Akhmad.

Said Akhmad Sekda Kotabaru melanjutkan lagi, langkah-langkah seperti menanam pohon dipekarangan, menggunakan air, kertas, listrik agar seperlunya. Tidak membuang dan tidak membakar sampah sembarangan, serta mengurangi penggunaan kemasan plastik dengan membawa Kantongan belanja sendiri. Saat berbelanja merupakan instrument penting untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan “Saya minta kepada segenap perangkat daerah dulingkungan Kabupaten Kotabaru untuk dapat memperkuat Komitmen dalam melaksanakan pelestarian lingkungan hidup melalui aksi nyata peduli lingkungan. “Baik lingkungan rumah tangga, fasilitas umum hingga perkantoran, ” trangnya.

Said Akhmad, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru meminta kepada para Camat, untuk dapat menggerakan pemerintah desa/ kelurahan beserta masyarakatnya dalam melaksanakan aksi-aksi pelestarian lingkungan hidup yang memungkinkan untuk dilakukan diwilayahnya. Dengan beroperasinya Laboratorium Lingkungan Kabupaten Kotabaru ini sebut Sekda, diharapkan semua parameter lingkungan dapat diuji di laboratorium ini. “Seperti upaya kelola lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan dari pelaksanaan dokumen lingkungan, juga dapat diuji pada laboratorium ini, ” tutup Sekda Kotabaru, Drs. H. Said Akhmad, MM.” syf.

Share :