Bangka Tengah Cakrabhayangkaranews.com  – Dalam rangka Launching ketahanan pangan bersama KASAD, Dandim 0413/Bangka Kolonel Inf Denny Noviandi mengikuti Virtual Lounching tanam perdana jagung di Desa Beriga Kecamatan Lubuk besar Kabupaten Bangka Tengah, Semin (18/07/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah yang diantaranya Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman, Kasrem 045/Gaya Kol. Inf.P. Marpaung , Kasi Ter Rem 045/Gaya Letkol.Kav.Mujahidin, Kapolres Bangka Tengah AKBP. M. Risya , Pasi Ter Dim 0413/Bka Kapt.Arm.Suparjana , Pgs Danramil 0413-04/Koba, Camat Lubuk besar , Kades Beriga,Gapoktan dusun.melingai serta para Toga , Tomas. dan karang taruna Desa Beriga.

Dalam Sambutan Bapak KASAD (Jendral TNI Dudung Abdurachman sekaligus membuka Lounching Penanaman Serentak Pemanfaatan Lahan tidur Untuk Ketahanan Pangan secara Zoom Meeting dari Propinsi Jambi intinya mengatakan Kegiatan lounching Ketahanan pangan yang dilaksankan hari ini meliputi Propinsi Sumatera Selatan, Propinsi Jambi , Propinsi Bengkulu dan Propinsi Kep Bangka Belitung yang berada di wilayah Kodam ll/ Sriwijaya.

Kegiatan Ketahanan pangan ini yang kita laksanakan paska Covid-19 bahwa Dampak Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak kepada ekonomi sehingga banyak masyarakat kita yang putus kerja, karena lapangan kerjaan tidak dapat beroperasi dengan normal yang kemudian terdampak pada permasalahan pemenuhan kebutuhan pangan.

saya pada saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat hari pertama ada pesan dari presiden RI Pesan nya adalah,
1. agar membantu mensejahterakan Masyarakat melalui kerjasama dengan pemerintah pusat maupun Daerah
2. Mensejahterakan prajurit.

Berkaitan dengan Fenomena sekarang yang berkembang Konflik Rusia yang akan terjadi justru nanti berdampak pada ekonomi oleh karena itu untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan itu perlu antisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan karena pasti dampak nya adalah ekonomi Oleh karenanya saya sampaikan seluruh jajaran agar manfaat kan lahan lahan kosong untuk di tanam segera kerjasama dengan pemerintah daerah khususnya kementerian pertanian untuk di manfaatkan dan kemudian hasil nya di potong dengan kebutuhan operasional hasil nya nanti di berikan masyarakat yang membutuhkan.

Danpak dari pandemi Covid-19 juga kita lihat banyak juga anak anak sakit karena memang kekurangan gizi mungkin karena orang tua nya yang sudah tidak bekerja lagi. Kemudian pada kesempatan yang Berbahagia ini saya mengucapakan Terima kasih kepada Gubernur Prov. Jambi,dan Ketua DPRD seluruh jajaran Dinas Pertanian pemerintah Provinsi. Babel membantu dan Bekerja sama dengan TNI angkatan Darat untuk pelaksanaan ketahanan Pangan , “ucap KASAD .

Dalam kesempatannya Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman menyampaikan,
Alhamdulillah, ini dalam rangka kita mempersiapkan sesuatu dalam kondisi apapun.
Teman-teman dari TNI AD bisa melihat bahwa apapun bisa terjadi, jadi kita tidak lupa mengantisipasi salah satunya dengan melakukan penanaman jagung diwilayah kita utk juga bisa diberikan kepada masyarakat jika sudah berhasil. Pemerintah Kabupaten mensupport kegiatan-kegiatan ini ,” tuturnya.

Dalam hal tersebut Dandim 0413/Bka Kolonel Inf Denny Noviandi menyampaikan,
kurang lebih ada 40 hektar yang akan dikerjakan korem dan kodim. Sesuai intruksi KASAD, bahwasanya ketahanan pangan ini utk mengantisipasi apabila di Indonesia terjadi krisis ,”ucapnya

Dandim menambahkan, kami laksanakan kegiatan ketahanan pangan ini secara bertahap, dan hari ini kita menanam jagung, serta 3 bulan nanti ketika hasilnya sudah ada, kita serahkan kepada masyarakat. Kita mengerahkan Babinsa yang ada di Desa bekerjasama dengan Dinas Pertanian khususnya PPL serta Gapoktan-gapoktan yang ada di Desa ,” pungkas Kolonel Inf Denny Noviandi.

Share :