screenshot 20240521 163142 2
screenshot 20240521 163214 1
screenshot 1 – 2

MANADO, Sulut – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, S.Sos., beserta Dansat jajaran Korem 133/NW mengikuti Apel Komandan Satuan (AKS) di Kodam XIII/Merdeka. Selasa (21/5/2024).

Kegiatan Apel Dansat tahun 2024 di Kodam XIII/Merdeka ini mengusung tema yakni melalui Apel Dansat Kodam XIII/Merdeka Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Guna Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju di Wilayah Kodam XIII/Merdeka.

Untuk diketahui, kegiatan Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam XIII/Merdeka merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Kodam XIII/Merdeka. Selain itu juga tindak lanjut dari Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Darat yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Nusa Dua Bali Convention satu bulan yang lalu.

Apel Komandan Satuan (AKS) di Kodam XIII/Merdeka ini dipimpin langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya serta diikuti oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Para Danrem jajaran Kodam XIII/Merdeka, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama dan para Dandim serta Dansat jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Dalam sambutannya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menyampaikan melalui tema Apel Komandan Satuan, dibutuhkan komitmen dari para Dansat untuk mengoptimalkan pembinaan satuan demi mewujudkan satuan dan prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA) sehingga siap operasional mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Kodam XIII/Merdeka.

“Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Merdeka ini bertujuan, untuk menyamakan Visi dan Misi serta membangun komunikasi dua arah, antara Pimpinan dengan para Komandan Satuan secara langsung. Selain itu guna meyakinkan pemahaman para Dansat terhadap pokok pokok kebijakan Pimpinan TNI AD, termasuk di dalamnya kebijakan Pimpinan Kodam XIII/Merdeka, serta meningkatkan peran dan profesionalisme para Dansat dalam pembinaan satuan,” jelas Bapak Jendral Bintang Dua tersebut.

Kegiatan apel Dansat ini untuk menjamin kesiapsiagaan dan kesiapan operasionalan Satuan, yang sangat tergantung dari proses pembinaan satuan yang baik dan benar.

Lebih lanjut, Pangdam XIII/Merdeka mengingatkan kepada para Dansat agar mampu menjadi contoh dan teladan yang baik bagi para prajuritnya, dengan menumbuhkan kepedulian, kepekaan, integritas dan komunikasi yang intensif antara pemimpin dengan yang dipimpin.

“Disini peran seorang Dansat diuji, apakah saudara saudara mampu memaksimalkan potensi pengetahuan dan kemampuan yang saudara miliki serta mampu membuat kebijakan pembinaan satuan yang terbaik yang dapat mengoptimalkan potensi satuan,” terangnya.

Komitmen pembinaan satuan harus terus kita pegang teguh, guna memantapkan dan meningkatkan kualitas satuan melalui kepemimpinan yang efektif dan efesien. “Untuk itu ikuti seluruh rangkaian kegiatan apel Dansat ini dengan penuh semangat dan motivasi, agar dapat terwujud Komandan Satuan yang profesional, berwawasan dan adaptif,” pungkasnya.* penrem 133/nw

Share :