screenshot 20240905 111131 1
screenshot 20240905 111128 1
Suasana Bmtek

Kotamobagu, Sulut – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Demi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) — khususnya di lingkungan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) tentang Manajemen Reisiko.

Kamis (5/9/2024).

Bimtek dipimpin langsung Kepala PDAM Bolmong Herman Kembuan SE,AK selaku Direktur Utama (DIRUT). Didampingi Drektur Teknik Sopian Manoppo dan Direktur Umum (DIRUM) Afrida Poluan,SE. Kegiatan digelar di ruangan Kantor PDAM.

Dalam sambutan kegiatan BIMTEK tersebut, Direktur Utama (DIRUT) Herman Kembuan SE,AK meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelaksanaan BIMTEK menyangkut manajemen risiko dengan baik. Karena kegiatan ini sangat penting demi pencapaian sasaran organisasi.

Dijelaskannya bahwa, manejem resiko adalah usaha untuk mengelola risiko dengan cara memonitor sumber risiko, melacak, dan melakukan serangkaian upaya agar dampak risiko bisa di minimalisasi.

Bimbingan Teknis menyangkut manajemen risiko pada setiap organiasi sangatlah penting demi pencapaian sasaran dan tujuan pengembangan organiasi. Karena fungsi dari manajemen risiko untuk mengarahkan praktik enterprise risk managemen pada organisasi. Terutama untuk menghadapi risiko-risiko utama yang dapat mengganggu pencapaian organisasi, jelas DIRUT Herman Kembuan.

Sementara itu, Rio A Lombone, SSTP, MH, yang juga selaku Kepala Inspektoratda Kabupaten Bolaang Mongondow dalam pemaparannya menjelaskan bahwa tujuan dari manajemen resiko diantaranya yaitu untuk melacak sumber-sumber risiko yang dihadapi dalam suatu organiasi. Dimana proses manajemen resiko meliputi penerapan kebijakan, prosedur, dan praktek untuk melaksanakan penetapan konteks, identifikasi risiko, penanganan risiko, monitoring dan review, komonikasi dan konsultasi.

Terkait adanya pelaksanaan BIMTEK manajemen resiko yang dilaksanakan oleh pimpinan PDAM tersebut, menurut Ketua Laskar Anti Korupsi (LAKI) Ismail Mokodompit bahwa langkah tersebut sangat tepat. Demi penguatan organiasi khususnya PDAM dalam mencapai sasaran dan tujuan untuk pengembangan dan kemajuan PDAM ke arah yang lebih baik. “Pelaksanaan BIMTEK manajemen resiko yang dilaksanakan oleh pimpinan PDAM tersebut sangatlah tepat demi pengembangan dan kemajuan PDAM kedepan”, jelas Ismail bangga.

Ismail Mokodompit menilai bahwa, kegiatan BIMTEK menyangkut manajemen resiko yang dilaksanakan oleh pimpinan PDAM itu merupakan impementasi dari kunjungan silaturahmi Pj. Bupati dr. Jusnan Mokoginta, MARs pekan kemarin dalam giat silaturahmi dan memberikan penguatan kepada pimpinan, karyawan dan karyawati PDAM. “Kami menilai bahwa kegiatan BIMTEK itu merupakan implementasi dari apa yang menjadi harapan Pj. Bupati dr. Jusnan Mokoginta demi mencapai tujuan pengembangan PDAM yang lebih baik. Sebagaimana harapan Pemerintah Daerah. Dan ini patut di berikan apresiasi”, ucap Ismail.

Kegiatan BIMTEK itu dihadiri oleh seluruh jajaran karyawan dan karyawati Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) baik Kepala Bagian (Kabag), Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Unit (Kanit).* pusran beeg

Share :