Palu, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Pengurus DPD Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Sulawesi Tengah (Sulteng), melakukan koordinasi pendaftaran ke Kesbangpol Sulteng, Jumat (28/4).

Ketua DPD PJS Sulteng Jaya Marhum, diterima Bidang Ormas Kesbangpol Sulteng Irwan Duwila, S.Sos di ruang kerjanya. Sebelumnya, Jaya telah berencana bersilaturahmi ke Kepala Badan Kesbangpol Daerah Sulteng Drs. Arfan, M.Si, apalagi masih dalam momen Idul Fitri dan Halal BI Halal. Namun, siang itu Drs. Arfan masih berada di luar kantor. Jika demikia, next time saja.

Menurut Jaya Marhum, langkah mengkoordinasikan pendaftaran baru-baru ini sudah dibicarakan dengan pengurus DPD PJS Sulteng lainnya seperti Sekretaris Darwis Damang, Wakil Ketua I Darmasita S. Gala dan Bendahara Mardison Ba’u, kendati ketiganya tidak bisa bersama hadir di Kesbangpol. Koordinasi pendaftaran, berlangsung kurang lebih satu jam sebelum Shalat Jumat. Koordinasi pendaftaran, dilakukan menjelang Rapimnas dan HUT PJS I yang rencananya akan dihelat di Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada 11 hingga 13 Mei depan.

Kepada Iwan Duwila, Jaya Marhum melaporkan bahwa DPD PJS Sulteng saat ini sudah memiliki empat DPC. Masing-masing DPC Tojo Una-una diketuai Budi Prihantono Dako, DPC Poso – Yusuf Dumo, PJS Buol – Ismail S. Domut dan DPC Kota Palu dipegang oleh Jamal.

Kata Jaya, saat ini DPD PJS Sulteng tengah berusaha menambah maksimal satu lagi DPC l atau bahkan lebih, untuk memenuhi kuota yang ditetapkan DPP.
“Benar, kami tengah mengupayakan berdirinya DPC Donggala dan Sigi. Minimal lima DPC atau bisa lebih,” ungkap Jaya Marhum.

Sementara kata Jaya lagi, tiga kabupaten bersaudara yakni Banggai, Banggai Kepulauan (Bangkep), Banggai Laut (Balut), sementara dapat Disatu Kordinator Wilayahkan atau Korwil dan berkedudukan di Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai. Sedangkan Kabupaten Morowali dan Morowali Utara (Morut), dikordinir dari Poso, juga dalam satu Korwil.

“Ini kami lakukan sementara — sekali lagi hanya sementara — untuk mempermudah rentang kendali organisasi. Untuk Ketua Korwilnya, Yusuf Dumo sudah menyatakan kesediaannya,” jelas Jaya. Satu hal lagi bahwa ini tidak instan. Jauh hari dalam merintis PJS, masala ini sudah dilaporkan untuk mendapat arahan dan petunjuk DPP melalui Ketum pak Mahmud Marhaba,” jelas Jaya.

Jaya menambahkan, tantangan rekruitmen anggota lebih menambah kuatnya motivasi untuk mengibarkan bendera PJS lebih tinggi dan akan berusaha melebarkan sayap PJS pada 12 kabupaten dan satu kota di Provinsi Sulteng.

Yang juga menjadi agenda dan sementara dilakukan DPD PJS Sulteng dari sejumlah program yang sudah terplan, yakni melengkapi administrasi yang disyaratkan DPP. Ini gar semua anggota DPD PJS dan DPC di Sulteng, memiliki kartu anggota PJS dalam koridor menuju konstituen Dewan Pers (DP). Insyaallah!* jay

Share :