Ngawi, CBN – Babinsa Koramil 0805/10 Sine, Kodim Ngawi, Sertu Agus Yuni melaksanakan pendampingan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) kepada siswa -siswi SDN 1 Ketanggung, Kecamatan Sine, Jum’at (08/09/2023).

Dalam kegiatannya, Sertu Agus Yuni menyampaikan bahwa, BIAS merupakan Program Kesehatan secara nasional, dan meliputi pemberian imunisasi pada anak sekolah tingkat dasar.

Lebih lanjut, biasanya, kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam setahun. Yakni, di bulan Juli, dengan agenda Imunisasi campak, serta di bulan September, untuk imunisasi DT dan Td.

img 20230908 wa0064

Pemberian imunisasi atau vaksin kepada anak sekolah ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang harus dilaksanakan di seluruh Indonesia. 

Sebagai informasi, imunisasi merupakan suatu cara untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Sehingga, bila kelak ia terpapar dengan suatu penyakit, dirinya tidak akan menderita penyakit tersebut.

Selain itu, imunisasi lanjutan sendiri merupakan imunisasi ulangan untuk mempertahankan tingkat kekebalan di atas ambang perlindungan, atau untuk memperpanjang masa perlindungan. 

Pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dilaksanakan oleh puskesmas dan monitoring dilakukan oleh dinas kesehatan.

Pada bulan September 2023, Puskesmas Sine juga melaksanakan kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) kepada siswa kelas 1 SDN 1 Ketanggung: Kelas 1, yakni sebanyak 4 siswa; Kelas 2, sebanyak 7 Siswa; Kelas 5, sebanyak 9 Siswa.

Tak hanya itu, pihak mereka juga melakukannya di MI Yaspi Ketanggung, dengan rincian: Siswa Kelas 1, yakni 7 Siswa; Kelas 2, yakni 20 Siswa; dan Kelas 5, yakni sebanyak 7 Siswa.

Pudi – Pendim 0805

Editor: R.A – CBN

Share :