Malang, CBN – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke – 78, para TNI menggelar acara bakti sosial (Baksos) dan Bazar. Acara tersebut melibatkan semua pasukan TNI yang pernah menghadiri acara Senam SKJ 88, dan jalan sehat.  

Acara ini dihadiri oleh Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, serta Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Jamaludin, S.H, dan seluruh personel TNI dari berbagai matra di Lapangan Brawijaya Rampal, Kota Malang, Minggu (24/9/2023).

Sebagai informasi, Lapangan Brawijaya Rampal menjadi saksi dari semangat kebersamaan dan solidaritas dalam acara yang meriah ini. Kegiatan Baksos yang dilaksanakan, melibatkan semua Matra TNI, dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, hingga Angkatan Udara. 

img 20230924 wa0069

Tak hanya itu, Tim relawan TNI bersama dengan masyarakat setempat, nantinya akan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan, dengan bantuan paket sembako, serta makan gratis, yang disediakan bagi semua pengunjung.

Bazar yang diselenggarakan juga menjadi pusat perhatian dalam acara ini. Terdapat beragam stand UMKM yang menawarkan berbagai makanan dan jajanan lokal, kerajinan tangan unik, serta produk-produk lokal yang menarik. 

Pangdam V/BRW, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran bersama seluruh Matra TNI, dalam membantu masyarakat dan menjaga keutuhan negara. Beliau menekankan tentang adanya semangat gotong royong dan solidaritas, yang menjadi pesan utama dalam perayaan HUT ini.

img 20230924 wa0062

“Kegiatan Baksos dan Bazar ini mencerminkan komitmen TNI untuk terus membantu menumpas kesulitan di tengah masyarakat, dan untuk memberikan dampak positif di lingkungan sekitarnya. Semua Matra TNI, dengan keberagaman kemampuan dan pengetahuan mereka, turut serta dalam menjadikan perayaan HUT TNI yang ke-78 ini, sebagai momen bersejarah yang penuh makna,” tutup Pangdam.

Sebagai informasi, HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju,” dengan rangkaian kegiatan, Baksos dan Kesehatan di Lapangan Rampal, donor darah, sunatan massal, pelayanan pengobatan gratis, dan pembagian sembako. Kemudian, untuk Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen, nantinya akan disediakan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing. 

img 20230924 wa0061

Di kesempatan terpisah, Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H, M.Han, menyampaikan, kegiatan Baksos Kesehatan dalam rangka HUT ke-78 TNI dipusatkan di Lapangan Rampal, karena, Rampal merupakan sarana publik ditengah-tengah Kota Malang.

“Dengan adanya kegiatan bakti sosial kesehatan ini, diharapkan pihaknya mampu memberikan kontribusi nyata dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, dan sejahtera,”

img 20230924 wa0060

“Saya juga berharap, agar prajurit TNI dan ibu-ibu Persit, juga dapat menanamkan nilai nilai perjuangan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan dengan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Cdr – CBN

Editor: R.A – CBN

 

Share :