Ngawi, CBN – Babinsa Koramil 0805/12 Mantingan, Kodim Ngawi, yakni Sertu Agung, melaksanakan Pelatihan Baris Berbaris yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 6 Ngawi, pada Rabu (09/08/2023).

Di sela-sela kegiatannya, Sertu Agung menyampaikan bahwa, latihan Baris Berbaris ini bertujuan untuk memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa memiliki kedisiplinan dan rasa tanggung jawab.

img 20230809 wa0101

Beliau, dalam kesempatannya, menyampaikan harapannya. 

“Saya harap, pelatihan ini mampu membuat para siswa meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme, jiwa korsa, persatuan dan kesatuan, untuk mendukung tugasnya di sekolah,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Sertu Agung melatih tata cara penghormatan; dasar-dasar kedisiplinan; tata upacara bendera; serta memberikan pembekalan nilai-nilai dari pengamalan butir butir Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

img 20230809 wa0102

Untuk mengawali kegiatan tersebut, anggota sebagai peraga, bertugas memberikan contoh gerakan, agar dapat dilihat dengan seksama oleh siswa-siswi. 

Tak hanya itu, Beliau berharap agar, apa yang telah diperagakan oleh pelatih, dapat dilaksanakan dengan baik oleh para pelajar.

“Instruksi yang saya berikan akan diikuti dan dilaksanakan oleh siswa-siswi. Bukan itu saja, kami juga akan langsung memberikan penilaian terhadap gerakannya. Jika masih ada kesalahan dari para pelajar, maka, mereka akan diminta untuk mengulangi lagi gerakan itu sampai benar,” sambung Sertu Agung.

Menurut informasi, para siswa terlihat sangat bersemangat dan antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Hal ini terlihat pada saat penyampaian teori dan materi praktek, mereka semua nampak memperhatikannya dengan serius dan seksama.

Pudi – Pendim (0805)

Editor: R.A – CBN

Share :