Probolinggo, CBN – Dalam rangka menyambut kegiatan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2024, Pemerintah Kota Probolinggo menyediakan dana hibah sebesar Rp. 23.116.473.982.

Hal itu dikemukakan oleh Pemkot Probolinggo bersama KPU dan Bawaslu, di ruang pertemuan Bakesbangpol Kota Probolinggo, pada hari Jum’at (04/08/2023).

Dalam pertemuannya, Kepala Bakesbangpol Pemkot Probolinggo, yakni Muhammad Sonhadji, mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat permohonan KPU Kota Probolinggo, yang telah tertanggal pada 16 Juni 2021.

Di dalam surat itu, terdapat sebuah penyampaian usulan terkait estimasi biaya kebutuhan anggaran Pemilu serentak tahun 2024.

Kemudian, dalam surat permohonan Bawaslu Kota Probolinggo, tanggal 3 Februari 2022, perihal revisi RAB pelaksaan Pilkada serentak tahun 2024. Rincian anggaran yang disepakati, yakni sebesar Rp. 4.952.581.500.

Tak hanya itu, Beliau, dalam kesempatannya, mengatakan, “Penandatanganan ini dilakukan sebagai persetujuan terkait dana yang akan dikeluarkan, untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2024, sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.”

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, yakni Dr. Ninik Ira Wibawati, mengungkapkan bahwa, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang berbeda dari Pemilu sebelumnya.

Hal itu terjadi karena, untuk pertama kalinya, Pemilu dan Pilkada dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu, Beliau mengharapkan kerja sama dari seluruh pihak, agar kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar.

“Kesuksesan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, mari kita bersama-sama mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di Kota Probolinggo, demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, kondusif, serta demokratis,” pungkasnya.

R.A – CBN

Share :