Sumber foto: Pendim 0805

Keterangan: aksi pemadaman api di Hutan Lereng Lawu Utara, Jum’at (01/09/2023)

Ngawi, CBN – Danramil 0805/08 Jogorogo, yakni Lettu Inf Suyanto, bersama anggota dan BPBD, serta masyarakat, melakukan pemadaman api di lereng Hutan Lawu Utara, seluas 39 petak RPH Manyul BKPH,  di Dusun Kembang, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, pada hari Jumat (01/09/2023) Malam, pukul 19.00 WIB. 

Upaya yang dilakukan Danramil bersama masyarakat dan BPBD, serta Perhutani Kph Lawu Utara, bertujuan untuk memadamkan api yang sudah menjalar luas di kawasan lereng. 

Dalam kegiatannya, mereka membuat aliran air untuk memutus api, agar api tersebut tidak berkobar ke mana-mana, serta memisahkan kayu dan dedaunan, agar api dapat dipadamkan.

Sebagai informasi, kejadian ini bermula ketika salah satu warga melihat titik api dan sebagian hutan sudah terbakar di Dusun Kembang, Desa Girimulyo.

img 20230902 wa0004
Berkumpul di Titik Lokasi Kejadian

Setelah itu, anggota Babinsa dan anggota perhutani setempat, bersama dengan masyarakat sekitar, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, karena api semakin menjalar dan merambah ke mana-mana. Pada akhirnya, satuan relawan dan BPBD mengerahkan seluruh tenaga, serta menerjunkan alat pemadam kebakaran, untuk memutus sumber api. 

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa, penyebab kebakaran Hutan di petak 39 RPH Manyul BKPH Lawu Utara ini belum diketahui. Sementara itu, pihaknya mengaku masih melakukan penyelidikan dan pengawasan lebih lanjut, untuk mengetahui penyebab, serta untuk melakukan pengawasan, agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi. 

img 20230902 wa0005

Meski demikian, Huda, yang mendapat keterangan dari salah satu saksi yang menempati rumah dinas KRPH Perhutani setempat, memberikan sejumlah keterangan terkait hutan di wilayah Lereng Lawu Utara, melalui kalimatnya. 

“Kalau menurut salahs satu saksi, dia berkata bahwa, sebagian pohon dan dedaunan di hutan ini sudah mulai kering. Nah, tiba-tiba saja, pas sore, saksi tersebut melihat kepulan asap di area hutan di petak 39, sekitar pukul 18.00. Pas diperhatikan lagi, api ternyata semakin menjalar ke mana-mana,” ungkapnya.

Pudi – Pendim (0805)

Editor: R.A – CBN

Share :