Tolitoli, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Wakil Bupati (Wabup) Tolitoli Mohamad Besar Bantilan melakukan monitoring dan Sidak (Inspeksi Mendadak – red) atas pendistribusian minyak goreng di Tolitoli, jelang Operasi Pasar (Opas), Sabtu (12/3/2022).

Wabub Esar — sapaan akrab Wabup Tolitoli — kepada CBN, Kamis (10/3/2022) mengatakan, ada empat distributor yang memperoleh legalitas untuk pendistribusian minyak goreng. Yakni PT Bimoli, Wings, Sumber Bahagia dan Naga Cristal. Sejak kemarin dua dari empat distributor tersebut telah melakukan penyaluran minyak goreng yang dibutuhkan masyarakat, menyusul kelangkaan yang terjadi di seluruh negeri.

Dengan adanya penyaluran minyak goreng via distributor dengan harga Harga Eceran Tertinggi (HET) ke masyarakat, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan minyak goreng kemasan.
“Saya berharap dan semuanya tenang, Pemda akan lakukan operasi pasar. Dengan catatan, dalam penyaluran ini distributor harus melakukannya dengan baik. Dan buat masyarakat, agar — sekali lagi — tetap tenang. Jangan panik, dan jangan menumpuk stok hingga ada yang mengantri berkali-kali,” kata Wabup Rsar.

Wabup Tolitolo Moh Besar Bantilan, didampingi Kadis Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Yustiyanto Bantilan dan Aleg DPRD Tolitoli Muh Mubarak, saat monitoring pendistribusian minyak goreng

Bahkan tambah Esar, ada laporan bahwa minyak goreng yang ditumpuk oknum warga, kemudian dijual lagi lewat media online. Itu tidak boleh. Masyarakat banyak dililuar sana yang sama membutuhkan minyak goreng, meski dalam kondisi ketidak mampuan ekonomi karena hidup pas-pasan. Artinya, semua kita butuh minyak goreng, maka,itu harus berbagi,’ kata Wabup Esar.

Menurut Esar, langkah Pemkab Tolitoli melalui Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar, adalah bukti kepedulian Pemda atas kesulitan yang tengah dihadapi masyarat,” ungkap Esar.

Esar menbahkan, masih ada sekitar 1.700 dos lagi yang akan disalurkan oleh dua distributor. “Kami sudah menyiapkan stok untuk penyaluran berikutnya oleh dua distributor lagi,” jelas Wabup yang didampingi Kadis Perdagangan dan Pengelolaan Pasar, Yustiyanto, S.Kom, M.Si dan anggota, DPRD Tolitoli Muh Mubarak.

Kadis Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Yustiyanto, S.Kom, M.Si menambahkan, masyarakat jangan “Panic Buying”. Nah, lantaran panik, ada yang menimbun barang bahkan menjualnya ulang.

“Persediaan kita bisa hingga bulan depan bahkan tidak menutup kemungkinan sampai masuk Bulan Ramadhan stok minyak goreng di Tolitoli siap dengan harga yang stabil. Dengan catatan, ada pengawasan dari Pemerintah melalui instansi terkait dan kepolisian serta Satgas Pangan Daerah,” kata Kadis Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Yustiyanto.

Harapan yang sama juga disampaikan anggota DPRD Tolitoli Muh Mubarak. “Tentunya kami mengpresiasi langkah pemerintah daerah yang langsung dikomandoi Wabup Tolitoli dalam kaitan pengawasan dan pendistribusian minyak goreng ke masyarakat Tolitoli kali ini pada sejumlah toko yang ada,” kata Mubarak.*
jay

Share :